Mohon tunggu...
Ebenezer Hutasoit
Ebenezer Hutasoit Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Jangan menyerah..Semangat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menyembuhkan Luka Batin di Masa Covid-19

14 Oktober 2021   15:05 Diperbarui: 14 Oktober 2021   15:10 79 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Healing the  wounded

At. Jakarta Barat.jln taman surya 5, blok ppp 1.

By. Ebenezer Hutasoit. S.Pd

Pendahuluan :

            Dalam dunia kehidupan ini merupakan dunia  yang tidak jauh dari setiap permasalahan baik secara psikis dan kriminal. Di tambah lagi dalam keadaan ini di masa covid 19. Dalam masa ini manusia hanya bisa berdiam diri di rumah saja.. seluruh kegiatan baik secara perekonomian pun terbatas. Karena tidak semua manusia ingin keluar rumah,  dalam masa ini. 

Bahkan 2 tahun ini para pelajar melakukan pembelajaran yang secara online..dan teknologi pun begitu cepat berkembang bisa katakan 99% anak pelajar baik sd maupun tk sudah bisa menggunakan teknologi baik berupa handphone dan laptop. 

Yang artinya yang dulu tidak bisa menggunakan media sekarang bisa menggunakannya..jangankan para pelajar yang berumur tua pun harus belajar untuk mendampingin anak-anak untuk belajar.

            Dunia dalam masa covid-19  tahun 2021 ini sangat berubah dratis. Membuat umat manusia sepanjannya  berpikir (mind at full length) karena  mereka berusaha bagaimana supaya tetap bertahan hidup sehat dan kuat.. dengan demikian, begitu banyak timbul pertanyaan-pertanyaan dalam pikiran manusia bahkan para pemimpin pun seluruh dunia berusaha mencari metode-metode untuk menangani dalam permasalah ini. Di tambah lagi Presiden melakukan ppm samapai tanggal 2 Agustus 2021. Bukan manusia tidak mengalami dengan, stress, kuatir, bisa dikatakan meliki luka batin.

             Manusia dapat memiliki luka batin karena timbulnya masalah yang tidak bisa diatasin dengan demikian membuat manusia depresi. " seorang bos di Sebuah perusaahaan makanan berkata kepada seorang karyawan yang memiliki kontark yang harus dibayar.. dengan berkata seperti in; apa yang kita harus kita lakukan dalam keadaan ini..semua stokc makanan belum ada satupun yang berkurang..saya akan rugi dan bangkrut. Bagaimana saya memberi gaji kamu?

Karyawan merespon dengan wajah yang lugu, berilah upah saya dengan secukupnya. Agar saya bisa membayar kontrak saya..bos hanya terdiam. Dengan itu, timbulah pertanyaan dalam pikir saya.. apakah bos ini memberikan gaji karyawannya? Jawabannya tidak..karena stock makanan belum habis. Dengan hal ini manusia akan memiliki spiritual yang kurang sehat.

            Luka batin itu timbulnya bukan dari orang lain saja tetapi bisa juga datang dari kiat sendiri.. bagaimana kita menyembuhkan  dari luka batin masa covid-19?. Tergantung kita sendiri..karena adalah umat mansia yang di ciptakan "Maha Esa" denga memiliki akal budi yang kreatif. Sebab itu, kita adalah mahluks sosial yang tidak bisa hidup sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan