Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

Mempelajari 5 Jenis Fakta Berdasarkan Ciri Kalimatnya

4 Desember 2022   23:53 Diperbarui: 5 Desember 2022   12:43 3056
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kalimat fakta adalah kalimat yang tidak memuat opini atau pendapat penulis.(KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri)

5.Fakta Penyebab
Fakta penyebab merupakan informasi dalam kalimat yang berisi penjalasan tentang sebab terjadinya sesuatu. Fakta penyebab dapat dicirikan dari penggunaan konjungsi pada kalimatnya seperti kata karena, sehingga, jadi, sebab dan lain sebagainya. 

Yang mengandung fakta penyebab juga kerap kali menggunakan verba tertentu seperti kata membuat, menyebabkan, menjadikan, dan lain sebagainya.

Sederhananya, kalimat yang mengandung fakta penyebab berisi informasi berupa jawaban dari pertanyaan "mengapa?".  

Sebagai contoh pada kalimat, "Namun, penting untuk dicatat bahwa untuk beberapa individu, yang dikenal sebagai hiper-responder kolesterol, makan makanan kaya kolesterol menyebabkan peningkatan kadar kolesterol yang lebih besar." 

Kalimat tersebut mengandung fakta berjenis fakta penyebab karena inti informasinya berupa penjelasan tentang penyebab kolesterol. Selain itu, kata "menyebabkan" pada kalimat tersebut juga menjadi ciri adanya fakta penyebab.

Fakta penyebab juga terdapat pada kalimat, "Dilansir dari Astronomy, pelangi merah muncul dari kondisi atmosfer yang sama, yang menyebabkan Matahari berubah warna dari putih menjadi merah saat tenggelam." 

Kalimat tersebut mengandung fakta berjenis fakta penyebab karena inti informasinya berupa penjelasan tentang penyebab terjadinya pelangi merah. 

Selain itu, verba "menyebabkan" pada kalimat tersebut menjadi ciri kebahasaan yang membangun makna informasi fakta penyebab dalam kalimat.

Pembelajaran tentang kelima jenis fakta tersebut dapat disajikan dengan tabel analisis sebagai alat bantu bagi siswa ketika menganalisis informasi bacaan. Pengalaman menganalisis jenis-jenis fakta ini dapat melatih kemampuan membaca intensif siswa. Mereka akan terlatih menemukan informasi-informasi penting, baik dalam teks karya ilmiah maupun karya ilmiah populer.

Marendra Agung J.W. Bekasi. Desember 2022.
Sumber konsep kategori fakta: ( Fakta dan Opini dalam Teks Tajuk Rencana, Pada Surat Kabar Kompas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 1, Nomor 1, 2019, pp 1-10 )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun