Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

Mempelajari 5 Jenis Fakta Berdasarkan Ciri Kalimatnya

4 Desember 2022   23:53 Diperbarui: 5 Desember 2022   12:43 3056
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kalimat fakta adalah kalimat yang tidak memuat opini atau pendapat penulis.(KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri)

Kalimat tersebut mengandung fakta berjenis fakta peristiwa karena informasi intinya menggambarkan sebuah kejadian. Adapun ciri kebahasaannya dapat ditandai dengan hadirnya kata verba "meluncur" yang memberi makna kejadian.

3.Fakta Jumlah
Fakta jumlah merupakan informasi dalam kalimat yang memberi keterangan tentang jumlah sesuatu. Kalimat yang mendangung fakta jumlah dapat dicirikan dari penggunaan kata-kata numerial. Sederhananya, kalimat yang berisi fakta jumlah mengandung informasi yang memberi jawaban dari pertanyaan "berapa?"

Sebagai contoh pada kalimat, " Mereka juga meninggalkan 11 origami bangau di samping catatan ucapan terima kasih." 

Kalimat tersebut merupakan fakta berjenis fakta jumlah karena inti informasinya berupa keterangan jumlah origami. Unsur yang menjadi tanda yakni angka 11.  

Fakta jumlah juga terdapat pada kalimat berikut, " Secara kegempaan, seismograf mencatat terjadi delapan kali gempa letusan."  

Kalimat tersebut merupakan fakta berjenis fakta jumlah karena inti informasinya memberi keterangan tentang jumlah gempa letusan. Ciri kebahasaannya yaitu penggunaan frasa numerial  "depalan kali".

4.Fakta Waktu
Fakta waktu merupakan informasi dalam kalimat yang berisi keterangan waktu. Kalimat ini menerangkan berlangsungnya sesuatu (peristiwa/kejadian) dalam waktu tertentu. Fakta waktu dapat dicirikan dari kalimatnya yang mengandung kata-kata bermakna hari, jam, bulan, tanggal, dan tahun.

Sederhananya, kalimat yang mengandung fakta waktu berisi informasi yang memberi jawaban dari pertanyaan "kapan?". 

Sebagai contoh pada kalimat, "Adapun pertandingan Kanada vs Maroko, digelar di Al Thumama Stadium pada Kamis 1 Desember 2022." 

Kalimat tersebut mengandung fakta berjenis fakta waktu karena inti informasinya berupa jadwal pertandingan sepak bola. Hal ini ditandai dengan penggunaan nama hari, bukan, dan tahun.

Fakta waktu juga terdapat pada kalimat, "Erupsi kali ini juga bertepatan dengan satu tahun sejak terjadi bencara erupsi Semeru pada 4 Desember 2021." Kalimat tersebut mengandung fakta berjenis fakta waktu karena inti informasinya berupa  waktu kejadian erupsi semeru di tahun lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun