Mohon tunggu...
Marendra Agung J.W
Marendra Agung J.W Mohon Tunggu... Guru - Urban Educator

Write to learn | Lahir di Bekasi, mengajar di Jakarta | Menulis edukasi, humaniora, esai dan fiksi | Kontak: jw.marendra@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

Mempelajari 5 Jenis Fakta Berdasarkan Ciri Kalimatnya

4 Desember 2022   23:53 Diperbarui: 5 Desember 2022   12:43 3056
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kalimat fakta adalah kalimat yang tidak memuat opini atau pendapat penulis.(KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri)

Sumber ilustrasi: Pixabay.com
Sumber ilustrasi: Pixabay.com


Sebagai contoh pada kalimat, " Adapun Kuffiyah dan Thawb merupakan penutup kepala dan baju panjang berwarna putih khas Timur Tengah." 

Inti informasi kalimat tersebut menerangkan tentang Kuffiyah dan Thawb sehingga kalimat tersebut tergolong kalimat fakta berejenis fakta benda.

Fakta benda juga terdapat pada kalimat berikut ini, "Kabar ini dikonfirmas Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan."  

Kutipan kalimat tersebut tergolong informasi berupa fakta benda karena informasinya berupa keterangan nama dan jenis jabatan.

2. Fakta Peristiwa
Fakta peristiwa merupakan informasi dalam kalimat yang menggambarkan tentang kejadian. Kalimatnya dapat dicirikan dengan unsur-unsur yang memberi makna sudah / sedang/ telah / benar-benar terjadi. 

Unsur yang mencirikan fakta peristiwa juga ditandai dengan kata kerja ( verba material) dengan makna perbuatan.

Sederhananya, informasi yang mengandung fakta peristiwa memberi jawaban tentang pertanyaan "bagaimana?". 

Sebagai contoh pada kalimat, " Menurut Twitter resmi FIFA, warga lokal Qatar memberikan makanan beserta minuman kepada suporter yang telah selesai menonton laga Kanada vs Maroko." 

Kalimat tersebut tergolong fakta peristiwa karena inti informasinya menjelaskan kejadian yang ditandai dengan kata verba memberikan dan frasa telah selesai.

Fakta peristiwa juga dapat ditemukan pada kalimat, " Awan panas guguran (APG) meluncur dari puncak kawah jonggring saloko sejauh tujuh Kilometer (Km) ke arah tenggara dan selatan. " 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun