Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Ketika Pergantian Ronald Koeman Bukan Jadi Solusi untuk Barcelona

2 Oktober 2021   17:58 Diperbarui: 3 Oktober 2021   01:00 420 21 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ronald Koeman, pelatih Barcelona. Foto: AFP/Patricia De Melo Moreira via Kompas.com

Pelatih Barcelona, Ronald Koeman seolah sedang duduk di kursi panas. Posisinya sebagai pelatih Barca dalam kondisi tak aman. Rumor pergantian mantan pelatih timnas Belanda ini mengencang kuat.

Sejauh ini, performa Barca tak meyakinkan. Puncaknya, ketika Barca kembali menelan kekalahan menyakitkan di Liga Champions saat bertandang ke markas Benfica.

Benfica seolah menabur garam yang menambah kepedihan pada Koeman. 3 gol tanpa balas bersarang ke gawang Ter Stegen. 3 gol ini hanyalah hasil dari permainan Barca yang sepertinya sudah kehilangan dayanya.

Permainan Tika-taka perlahan menjadi kabur. Koeman sendiri mengakui bahwa gaya itu sulit dibuat untuk saat ini karena dia tidak mempunyai para pemain yang memainkan gaya itu dengan sangat baik. Makanya, Koeman pun mencoba gaya berbeda.

Selain menerapkan beberapa formasi, Koeman juga berupaya memberikan sentuhan pada gaya permainan Barca. Namun, sentuhan itu masih belum berbuah hasil. Malahan, formasi 4-3-3 lebih berbuah baik daripada formasi seperti 3-5-2 atau pun yang diterapkan saat jumpa Benfica 3-4-1-2

Ya, di kandang Benfica, Barca gagal mencatatkan tembakan tepat sasar ke gawang. Duet striker, Memphis Depay dan Luuk de Jong, yang diharapkan bisa untuk mengakomodasi umpan-umpan silang tidak bisa menjawabi tantangan Koeman.

Karena kekalahan ini, situasi Koeman di kursi pelatih Barca memanas. Namun, sampai saat ini pemecatan Koeman belum terealisasi. Masih sebatas rumor. Manajemen Barca terlihat belum menemukan kata final.

Beberapa nama beredar seperti Xavi Hernades, Roberto Martinez dan bahkan Andrea Pirlo menjadi topik pembicaraan. Namun, manajeman Barca terlihat masih sangsi untuk memecat Koeman. Barangkali Barca masih ragu dengan para calon pengganti Koeman.

Ya, untuk mendatangkan pelatih mahal dengan segudang prestasi terlihat sulit. Kondisi keuangan masih menjadi salah satu persoalan yang menghantui Barca. Makanya, pilihan untuk mencari pelatih yang ramah kondisi keuangan klub menjadi opsi satu-satunya.

Namun, menilik para calon pengganti, terlihat Barca akan berhadapan dengan persoalan yang sama seperti yang dialami Koeman. Umumnya nama-nama yang beredar memiliki rekam jejak seperti Ronald Koeman sebelum melatih Barca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan