Mohon tunggu...
Diva AyundaFitra
Diva AyundaFitra Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

hanya seorang penulis kecil

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KPopers Tidak Hanya Sekedar Hobi Tetapi Jugas Bisa Menjadi Sebuah Investasi

3 Juli 2022   19:20 Diperbarui: 3 Juli 2022   20:01 108 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penggemar Kpop atau sering disebut dengan Kpopers, yaitu sebutan seseorang yang menyukai kebudayaan korea selatan. Hampir di semua kalangan dan negara mengikuti karena banyak hal menarik yang ditawarkan. 

Dimulai dari makanan, pakaian, produk kosmetik, industri film dan musik nya sangat beragam yang menjadikan korea salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Tidak hanya itu saja, kemajuan teknologi dan juga industri nya membuat korea selatan memberikan kejutan dan inovasi bagi masyarakat nya. 

Salah satu industri yang khas di korea selatan adalah industri musik, yang di mana salah satu penghasilan yang dapat mengenalkan kebudayaan dan juga menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Industri musik atau sering disebut Kpop (Korean Pop) yang identik dengan boyband dan girlband, mereka adalah sebuah grup idol yang menampilkan sebuah nyanyian sambil menari dan juga visual yang menarik menjadi nilai plus nya. 

Perjalanan ini dimulai pada tahun 1992 muncul genre baru yang menggemparkan dunia musik Korea yaitu genre pop modern yang diperkenalkan oleh Seo Tanji and Boys di mana mereka memberikan warna baru dan menciptakan sebuah genre musik yang membuat berbagai genre dan tarian di dalamnya.

Dengan memberi mereka warna baru, mereka sukses dengan cepat dan setelah itu, berbagai grup yang disebut boyband dan girlband mulai bermunculan, termasuk H.O.T, CLON, Sechskies, S.E.S, dan g.o.d. Kemudian pada tahun 2000 juga muncul pendatang baru yang juga membawa genre musik baru yang mengarah pada gaya Amerika seperti Rain, Boa, Big Bang, Wonder Girls dan masih banyak lagi. 

Dan itu masih akan terus berkembang hingga saat ini memasuki generasi ke 4. Yang di maksud dengan generasi ini adalah era lahirnya para bintang yang terus berkembang di setiap era dan  yang mengikuti setiap perkembangan zaman, beberapa grup yang berada di generasi 4 dan era saat ini adalah Stray Kids, Itzy, Tomorrow by Together (TXT), Aespa, Treasure, ATEZZ, The Boyz, STAYC, LOONA, CIX dan masih banyak yang lainnya

Selain genre musik yang semakin banyak dikenal dan terkenal, ada juga item yang menjadi ciri khas tersendiri. Dan sebagai bentuk apresiasi atas karya para idola dan bukti kesetiaan sebagai fans yaitu album yang isinya berupa CD, photobook, photocard, poster, stiker dan berbagai merchandise lainnya. 

Oleh karena itu, banyak penggemar yang antusias jika idola nya melakukan comeback show atau merilis lagu baru karena juga akan memberikan album. Semakin banyak grup yang bermunculan maka akan semakin banyak pilihan bagi penggemar untuk memilih grup mana yang mereka sukai, dan isi album berupa photocard selalu menjadi incaran penggemar. 

Photocard adalah kertas foto yang ada di dalam album dan tidak semua member grup itu berada di dalam variasi album yang lain, setiap album dan versi nya mendapatkan foto secara acak. 

Hal ini yang membuat beberapa penggemar  membeli album dengan jumlah yang banyak agar mendapatkan photocard idola nya, tetapi ada yang ketika tidak mendapatkan idola nya mencoba untuk barter atau tukar dengan sesama penggemar grup tersebut. Jadi tidak perlu membeli banyak album dan tidak perlu mengeluarkan uang lagi. 

Penggemar yang suka mengoleksi photocard juga sangat teliti untuk membeli, karena banyak juga yang beredar barang palsu ataupun sengaja diperjual belikan karena keuntungan yang lebih membuat beberapa oknum mencoba untuk menjual barang-barang tersebut, apalagi penipuan dalam jual beli ini sangat sering terjadi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan