Disa Annisa
Disa Annisa Digital Marketing

menuliskan apapun yang terbesit di otak ^^

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Teknik Penggunaan Media Sosial untuk Bisnis

13 Februari 2018   10:43 Diperbarui: 13 Februari 2018   16:50 646 1 1
Teknik Penggunaan Media Sosial untuk Bisnis
ilustrasi pribadi

Media sosial sekarang ini memiliki peran yang sangat besar dalam sektor bisnis. Banyak sekali pebisnis-pebisnis muda yang bermula dari bisnis kecil di media sosial. Pada awalnya, pebisnis-pebisnis muda akan menggunakan media sosial untuk menyebarkan informasi serta menjual produk mereka. Namun tahukah kamu bahwa media sosial itu dapat digunakan lebih dari sekedar menyebarkan informasi dalam sektor bisnis? Dan tahukah kamu teknik penggunaan media sosial untuk bisnis?

Yuk kita bahas sedikit mengenai ini.

Pilih Media sosial dengan Audiens yang cocok dengan produk kamu

Hal ini sebenarnya sangat mudah, namun banyak orang yang masih bingung dalam memilih media sosial yang tepat untuk produknya. Pertama, kamu harus mempelajari dulu target pasar yang tepat untuk produk kamu. Setelah itu, barulah kamu mencari media sosial yang sekiranya cocok dengan target pasar kamu. Hal-hal tersebut dapat kamu lihat dari aspek usia, gender, profesi, demografi dan lain sebagainya. Jangan sampai kamu memilih media sosial yang audiens nya tidak sesuai dengan produk kamu.

Bangun media sosial bisnismu

Setelah memilih media sosial yang akan kamu gunakan, bangun halaman kamu untuk dapat membantu penjualan produk kamu. Bila kamu telah memiliki website sendiri, kamu harus bisa menggiring pengunjung media sosial kamu untuk membuka website kamu dan melakukan transaksi langsung.

Hal itu dapat kamu lakukan dengan memasang link website kamu di setiap postingan media sosial mu. Selain itu, jangan lupa untuk memasang tombol CTA (Call To Action) di website atau blog kamu untuk mendorong pengunjung me-like serta memfollow media sosial kamu. Selain itu, selalu sertakan tombol share di setiap postingan kamu, karena netizen cenderung senang untuk men-share konten-konten yang menarik, dan itu tentu saja sangat bermanfaat untuk promo produk kamu.

Kamu harus dapat membangun media sosial kamu dengan konten-konten yang menarik sehingga membuat orang-orang senang dan tertarik untuk mengikuti media sosial kamu. Gunakan konten yang uptodate dan sedang viral pada saat itu, atau kamu juga bisa membuat konten-konten komedi yang dihubungkan dengan produk kamu seperti video-video lucu, meme atau photo-photo aneh karena hal-hal seperti itu cenderung lebih cepat tersebar di media sosial. Gunakan kreatifitas kamu secara maksimal untuk menarik lebih banyak pengunjung.

Buat Jadwal Harian

Jangan terburu-buru dalam menggunakan media sosial kamu. Aturlah media sosial kamu sebaik mungkin dengan membuat jadwal harian. Jangan sampai konten yang telah kamu buat dengan bagus malah terlihat berantakan karena posting yang tidak terstruktur (terutama di platform photo seperti Instagram). Atur jadwal posting dan tema posting kamu setiap harinya. 

Misalkan, sebentar lagi hari valentine, maka kamu bisa menyiapkan konten-konten yang romantis dengan warna-warna pastel serta promo valentine. Setelah konten-konten itu siap, atur jadwal posting konten tersebut sesuai dengan tema dan jangan lupa, kamu juga harus mencari tahu prime time tiap media sosial agar postingan kamu dilihat oleh banyak orang. Usahakan selalu memposting konten-konten kamu di prime time media sosial tersebut, karena prime time tiap media sosial itu berbeda-beda loh.

Fast Response

Biasakan untuk selalu membalas komentar-komentar atau pesan-pesan yang diberikan oleh pengunjung dengan cepat. Semakin lama kamu membalas, semakin malas pengunjung kamu untuk menghubungi kamu, dan semakin hilang juga ketertarikan mereka akan produk kamu. Dengan selalu membalas komentar serta pesan dari pengunjung juga dapat membangun ikatan yang lebih dekat dengan pengunjung kamu. Kamu juga dapat menanyakan kritik dan saran mengenai produk kamu untuk meningkatkan kualitas produk kamu. 

Hal-hal kecil seperti ini bisa sangat berpengaruh loh, karena ketika pengunjung merasa kenal dekat dengan kamu, mereka akan lebih percaya untuk membeli produk kamu. Untuk itu, aktifkan notifikasi email dan sms dari media sosial kamu agar kamu dapat membalas dengan lebih cepat, ramah dan sabar. Dan tentu saja jangan sampai kamu lupa mengisi kuota dan mengisi penuh batre HP kamu ya.

Gunakan Layanan Iklan

Layanan iklan berbayar telah banyak ditawarkan pada hampir seluruh media sosial. Kamu dapat menggunakan layanan ini untuk mempercepat kinerja media sosial kamu. Gunakan iklan ini untuk mempromosikan produk kamu. Hal ini dapat kamu gunakan dengan membuat konten-konten iklan yang menarik dengan kata-kata yang langsung menawarkan produk kamu. Cara ini cukup efektif untuk menambah followers, prospek serta penjualan produk kamu.

Analisa penggunaan media sosial kamu

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menganalisa penggunaan media sosial kamu. Hal ini sangat berguna untuk mengevaluasi aktivitas media sosial kamu sehingga kamu dapat melihat mana konten yang berhasil menarik pengunjung dan mana yang tidak berhasil. Analisa ini dapat dilihat melalui tools yang disediakan di masing-masing media sosial yang digunakan. Atau kamu dapat juga melihatnya melalui Google Analyticuntuk website atau blog yang kamu gunakan.

Sekian sedikit informasi yang dapat saya berikan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk pembaca semua ya. ^^ (DA)