Mohon tunggu...
Dika Cahya
Dika Cahya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Politik

Peran Presiden dalam Memajukan Masyarakat

9 Agustus 2022   12:14 Diperbarui: 9 Agustus 2022   12:23 64 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Joko Widodo adalah presiden republik Indonesia yang menjabat dari tahun 2014 hingga sekarang. Beliau adalah sosok presiden yang merakyat dan mudah berbaur dengan rakyatnya. Beliau sering mengunjungi tempat-tempat terpelosok di mana terdapat rakyatnya tinggal. Di tempat-tempat terpelosok tersebut, beliau membuat pembangunan infrastruktur secara merata dan bertahap untuk masyarakatnya. Untuk apa beliau melalukan hal tersebut? Bentuk peran beliau dalam memajukan masyarakat salah satunya terdapat pada pembangunan infrastruktur. 

Dengan adanya pembangunan infrastruktur di daerah-daerah terpolosok tersebut dapat dipungkiri bahwa hal itu bisa memajukan masyarakat Indonesia, salah satunya pada sistem ekonomi. Pada daerah itu, yang dulunya tidak ada akses jalan keluar masuk yang mudah, sekarang sudah ada akses jalan yang memadai. Sehingga, akan memudahkan untuk menjangkau perekonomiannya seperti keluar masuk untuk mencari pekerjaan baru. Pembuatan infrastruktur sendiri sudah membuka lapangan kerja baru, karena tentu saja akan membutuhkan tenaga kerja manusia sesuai pembuatan infrastruktur.

Setelah sistem ekonominya, apakah ada lagi peran beliau untuk memajukan masyarakat Indonesia? Tentu ada, seperti sistem pendidikannya. Indonesia adalah negara berdaulat yang menganut sistem wajib belajar 12 tahun, yakni SD, SMP, dan SMA/SMK. Kemudian, ada juga siswa-siswi yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Lalu, Bagaimana cara memajukan sistem pendidikannya? Sistem pendidikan di Indonesia sendiri baru tahun ini mulai bangkit kembali setelah 2 tahun dihantam covid-19.  Banyak aspek pendidikan yang menurun akibat covid-19. Namun presiden RI tidak pernah menyerah dengan kondisi ini. Beliau tetap meminta seluruh siswa melakukan pembelajaran walaupun dengan jarak jauh. 

Di lain sisi, banyak sekolah-sekolah yang direnovasi agar pembelajaran lebih nyaman dan efektif. Di daerah terpelosok, banyak didatangkan guru-guru dari kota agar semua siswanya dapat merasakan pembelajaran yang baik. Meskipun belum semua daerah terpolosok mendapatkan kualitas pendidikan yang baik, namun presiden beserta pemerintah akan terus meningkatkan pendidikan yang merata di seluruh pelosok negeri ini. Selain kualitas pendidikan yang akan terus ditingkatkan, presiden dan pemerintah juga memerhatikan mengenai biaya untuk anak-anak yang ingin bersekolah. Untuk menuntaskan permasalahan biaya bagi mereka yang ingin bersekolah, pemerintah membagikan program KIP.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan