Mohon tunggu...
Didno
Didno Mohon Tunggu... Guru Blogger Youtuber

Guru yang suka ngeblog, jejaring sosial, bola, jalan-jalan, hobi dengan gadget dan teknologi. Info lengkap didno76@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timnas Indonesia U-16 Mantul

21 September 2018   21:32 Diperbarui: 21 September 2018   21:49 0 0 0 Mohon Tunggu...
Timnas Indonesia U-16 Mantul
Bagus Kahfi sedang merayakan gol pertamanya di ajang AFC 2018 (Gambar Kompas.com)

Timnas Indonesia U-16 mengawali ajang Piala AFC 2018 dengan kemenangan yang tidak akan terlupakan atas Iran. Timnas Indonesia U-16 meraih angka sempurna setelah mengalahkan Iran dengan skor 2-0 pada pertandingan pertama Grup C yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Jumat (21/9/2018).

Timnas Iran U-16 bukan timnas sembarangan, pasalnya Iran merupakan finalis Piala AFC 2016. Sementara itu Timnas Indonesia U-16 tidak difavoritkan dalam laga tersebut. Namun, pada kenyataannya mereka mampu membalikkan prediksi dan tampil langsung menekan sejak peluit babak pertama dibunyikan oleh wasit asal Korel Selatan Kim Woo-sung.

Lini pertahanan timnas Iran U-16 dibuat kalang kabut oleh timnas Indonesia U-16 sehingga akhirnya Indonesia mencetak gol pembuka pada menit keempat. Bagus Kahfi berhasil mencetak gol setelah mendapatkan umpan silang dari Supriadi.

Stadion Bukit Jalil pun bergemuruh oleh penonton yang sebagian besar dipenuhi oleh WNI (Warga Negara Indonesia) baik sedang sekolah atau kuliah dan juga mereka yang sedang bekerja di negeri Jiran tersebut.

Setelah gol tersebut, penampilan pemain Indonesia semakin agresif. Tetapi  Iran pun tidak sesekali mendapatkan peluang tetapi berhasil digagalkan oleh kiper andalan timnas Indonesia U-16 yakni Ernando.

Memasuki babak kedua, timnas Iran tidak mau malu dihadapan official dan warganya yang menonton melalui siaran televisi, beberapa kali menebar ancaman di depan gawang Indonesia. Namun, peluang-peluang tersebut tidak ada yang menjadi gol berkat penampilan yang kompak dari pemain belakang Indonesia.

Pada menit ke-90+1, justru Indonesia yang kembali mencetak gol melalui Bagas Kaffa. Saudara kembar Bagus Kahfi itu mencetak gol setelah melakukan aksi individu yang menawan dengan melewati tiga pemain Iran, kemudian melepaskan tembakan ke sudut gawang Iran. Skorpun berubah menjadi 2-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-16 yang bertahan hingga peluit panjang.

Dengan kemenangan ini timnas Indonesia memperoleh nilai 3, dan berada di posisi pertama grup C, sambil menunggu pertandingan antara timnas India U-16 dengan Vietnam yang masih berlangsung hingga saat ini.

Berdasarkan statistik timnas Indonesia U-16 bermain lebih dominan dengan penguasaan bola mencapai 56 persen, sedangkan Iran hanya 44 persen. Pasukan asuhan Fakhri Husaini juga tampil atraktif dengan melepaskan tujuh peluang yang empat di antaranya adalah tendangan akurat.

Kemenangan 2-0 atas timnas Iran U-16 pada laga Piala AFC 2018 ini mencetak sejarah tersendiri bagi Timnas Indonesia U-16. Kemenangan tersebut menjadi kemenangan kedua yang diraih oleh tim berjuluk Garuda Asia di pentas Piala AFC.

Kemenangan pertama Timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFC terjadi pada 2010. Waktu itu timnas Indonesia meraih kemenangan 4-1 atas Tajikistan pada pertandingan yang digelar di Stadion Pakhtakor, Tashkent, Uzbekistan (26/10/2010).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x