Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Dari Keripik Kolang-kaling Hingga Bolu Kelor, Oleh-oleh Lombok Makin Kreatif

9 Desember 2021   16:42 Diperbarui: 9 Desember 2021   23:05 179 14 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ada keripik kolang-kaling dan dodol terung ungu, unik (dokumentasi pribadi)


Bukan hanya dodol dan manisan rumput laut, kini produk makanan yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan saat berwisata ke Lombok makin bertambah. Kalian akan bingung membelinya karena pastinya penasaran ingin mencobai semuanya. Ada keripik plecing kangkung, keripik kopi, hingga yang unik-unik seperti bolu kangkung dan bolu kelor.

Wah seperti apa ya rasanya?

Mengunjungi Lombok ibarat sekaligus wisata kuliner. Oleh karena Lombok kaya akan bahan alam yang kemudian diolah menjadi hidangan khas.

Para putra-putri Lombok juga kreatif, buktinya mereka tak cukup hanya dengan makanan khas dari rumput laut yang diolah menjadi manisan dan dodol. Lombok juga bukan hanya tentang madu.

Ada begitu banyak yang bisa diolah dari hasil bumi Lombok. Dari kangkungnya yang panjang-panjang, hasil kelor yang berlimpah, kopi yang khas, sambal plecing yang beken dan masih banyak lagi.

Nah untuk memudahkan teman-teman untuk mencari tempat oleh-oleh dan jenis oleh-olehnya, maka akan kubagi menjadi beberapa lokasi.

Sate Rembiga, Madu, dan Kopi Lombok
Tiga produk ini saya temui saat pameran di acara konferensi internasional tentang Lombok. Yang pertama adalah kopi Lombok jenis robusta dan arabica. Bagi yang suka kopi 'kudu' coba kopi khas Lombok. Selintas mirip dengan kopi hitam lainnya namun aromanya agak berbeda. Penggemar kopi pasti bisa membedakannya.

Kopi Lombok kualitas ekpor (dokumentasi pribadi)
Kopi Lombok kualitas ekpor (dokumentasi pribadi)
Produk kopi yang dipamerkan waktu itu merk BAC dari UD Berkah Alam dan sudah berkualitas kopi ekspor. Kopi ini berasal dari Lombok Utara dipanen di lembah Rinjani.

Kemudian ada produk madu dari Lumbung Madu Hasanah. Ada juga bawang putih yang direndam di dalam madu yang bisa digunakan sebagai obat-obatan.

Aneka madu Lombok (dokumentasi pribadi)
Aneka madu Lombok (dokumentasi pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kuliner Selengkapnya
Lihat Kuliner Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan