Mohon tunggu...
Tri Ani Rachmawati
Tri Ani Rachmawati Mohon Tunggu... konselor -

Penulis dan Ibu rumah tangga

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Edukasi Sadar Bencana Lewat Sandiwara Radio

20 Juni 2017   18:14 Diperbarui: 21 Juni 2017   14:25 416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ledakan Merapi 2010 - sumber Tribunnews.com

11 Tahun yang lalu, 

"Pada tanggal 26 Oktober 2010, gunung Merapi kembali meletus disertai awan panas setinggi 1,5 kilometer. Gulungan awan panas tersebut meluncur turun melewati kawasan tempat mbah Maridjan bermukim. Jasad Mbah Maridjan ditemukan beberapa jam kemudian oleh tim SAR bersama dengan 16 orang lainnya telah meninggal dunia, umumnya kondisi korban yang ditemukan mengalami luka bakar serius akibat terkena awan panas yang sering disebut dengan wedhus gembel,"

Laporan pandangan mata dari siaran radio komunitas area gunung merapi terdengar hingga kawasan kota Yogyakarta. Saat itu kondisi gunung Merapi meledak hebat dan menghasilkan hujan abu di sekitaran kota. Suara penyiar melaporkan langsung dari lokasi kejadian, desa Kinahrejo, tempat Mbah Marijan dan 15 korban lainnya yang terkena bencana letusan Merapi

12 jam sebelumnya, saya masih mendengar laporan pandangan mata para penyiar radio komunitas yang melaporkan bahwa awan panas sudah mulai turun dan proses evakuasi harus dilakukan. Penuh dengan suasana panik dan terus menerus disiarkan lewat kotak radio yang tersisa di dalam rumah. Radio pada saat itu menjadi media utama pemberitaan ledakan merapi. Berdampingan dengan sosial media, internet dan facebook. Namun update berita yang terus menerus, membuat radio menjadi pilihan utama. Saya bisa merasakan bahwa kekuatan radio sangat dibutuhkan di kondisi darurat. Hanya dengan menggunakan daya listrik baterai kecil, bisa menyala terus menerus berhari-hari. Dapat diakses lewat  smartphone ataupun radio yang selalu terpasang di mobil.

Mari belajar dari Jepang, negara yang mengembangkan sistem peringatan dini bencana alam dengan berbagai teknologi. Yang pertama, para ahli  pemantau bencana alam Jepang menggunakan stasiun radio NHK 1. Sebagai stasiun radio tertua di Jepang, radio NHK 1 kini didesain sebagai garda depan stasiun radio yang pertama kali membunyikan alaram bahaya bencana lewat teknologi auto turn on - menyalakan otomatis semua device  radio penerima di seluruh Jepang. Peralatan radio yang dalam posisi sleep akan otomatis nyala dan mengeluarkan sinyal bahaya saat pemantau bencana di pusat pemancar NHK 1 mendapatkan tanda gelombang seismik pada alat seismograf. NHK 1 bekerja sama dengan stasiun besar lainnya seperti Bay FM yang berada di Chiba City. Bahu membahu menyiarkan alarm bencana alam dan reportase memandu bagi warga Jepang untuk menghindar dan menyelamatkan diri

Senin dinihari 5 April 1982 itu, Gunung Galunggung yang berada di sebelah barat Tasikmalaya atau sebelah selatan Jawa Barat, tanpa diduga meletus dengan dahsyatnya. Terjadi banjir lahar dan tercatat 31.000 pengungsi meninggalkan kampung-kampung mereka dan menuju ke arah kota. Letusan tersebut berlanjut pada 8 April 1982, ledakan besar terjadi mengakibatkan 200 ribu orang penduduk Tasikmalaya panik dan mulai keluar rumah untuk bersiap melakukan pengungsian. Sungguh sebuah peristiwa yang amat sangat mengejutkan. Saluran telekomunikasi saat itu tidak semudah sekarang. Hanya ada radio dan TV, plus di bantu kelompok radio amatir yang saling berkomunikasi menenangkan ratusan ribu warga untuk di arahkan ke lokasi aman dari letusan Galunggung.


Sadar Bencana Sadar Bahaya

Bencana alam selama ini disikapi sebagai sebuah kejadian mendadak dan banyak masyarakat Indonesia yang tidak peduli terhadap bahaya yang ditimbulkannya kelak. Alat pemantau bencana dan kesadaran terhadap bencana sangat minim. Bahkan banyak yang hilang dan rusak

sumber: file PDF - Budaya Sadar Bencana melalui Sandiwara radio.pdf
sumber: file PDF - Budaya Sadar Bencana melalui Sandiwara radio.pdf
Tentu saja ini sangat menyulitkan proses pembinaan terhadap masyarakat terhadap bencana alam. Komunikasi lewat pesan-pesan larangan dan peringatan selalu diacuhkan masyarakat.

sumber: file PDF - Budaya Sadar Bencana melalui Sandiwara radio.pdf
sumber: file PDF - Budaya Sadar Bencana melalui Sandiwara radio.pdf
Lalu bagaimana melakukan proses pendidikan dan sosialisasi bagi masyarakat agar sadar terhadap bencana? Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan budaya siaga bencana. Bekerja sama dengan 80 stasiun radio, 60 stasiun radio swasta dan 20 radio komunitas yang tersebar di 20 provinsi, BNPB merilis kembali sandiwara radio radio "Asmara di Tengah Bencana 2" sebagai bentuk edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

Sandiwara Radio? Seberapa efektifkah sandiwara radio akan dipantau dan didengar oleh masyarakat? 

Jangan remehkan kekuatan radio. BBC Radio merilis sebuah serial drama radio dengan tajuk "Quake - Gempa". Rekan-rekan bisa mengunduh audio podcast di link ini 

http://www.bbc.co.uk
http://www.bbc.co.uk
Sebuah langkah menarik, melakukan proses edukasi lewat radio yang digabungkan kekuatan internet. Sebuah keberanian untuk menawarkan 'konsep lama sandiwara radio' menjadi sesuatu yang segar dan disebarkan lewat internet. Tidak hanya berhenti di sandiwara radio, BBC Radio merilis seri Virtual Reality untuk produk dramanya di Youtube : https://youtu.be/MrOdXMJcflI , sebagai tambahan pengalaman atau materi edukasi visual bagi para pendengarnya.

Lalu, apa yang akan dikemas BNPB lewat sandiwara radio yang berjudul "Asmara di tengah Bencana?"

BNPB Indonesia
BNPB Indonesia
BNPB Indonesia
BNPB Indonesia
Serial sandiwara radio "Asmara di tengah Bencana" pernah sukses dinikmati 43 juta pendengar se Indonesia. Kini tantangan baru bagi BNPB mengemas lakon drama sandiwara radio dengan lebih menarik. Saya mempunyai beberapa masukan untuk serial kali ini :

Meskipun sosialisasi melalui sandiwara  radio cukup efektif , tetapi produk tersebut berhadapan dengan produk instan sosial media dan game handphone yang digilai puluhan juta pengguna. Sandiwara radio pernah berjaya di era 80-90an   karena saat itu belum banyak media hiburan lainnya selain radio.  Televisi swasta mulai menjadi idola saat awal 90an diperbolehkan pemerintah mengudara. Era kini, internet menjadi media teratas yang disukai para penggunanya. Apalagi sejak akses internet lewat handphone semakin cepat dan mudah.

Lalu bagaimana bisa membuat sandiwara ini menjadi menarik?

  1. Dibutuhkan sosialisasi dan promosi yang berkesinambungan untuk mendorong minat masyarakat mendengarkan radio. Lewat media tradisionalo seperti pamflet, flyer, baliho dan spanduk. Lewat media internet seperti kompasiana, social media dan Chat Group (WA, LINE, BBM)
  2. Sisipkan sayembara dan hadiah untuk menebak akhir cerita atau kelanjutan pilihan para tokoh utama sandiwara tersebut
  3. Buat skenario yang bagus. Untuk urusan ini, saya cukup paham. Karena basic saya sebagai penulis skenario drama TV. Untuk alur cerita diusahakan tidak mudah ditebak sehingga membuat penasaran pendengarnya. 
  4. Pemilihan jam siarana mengambil  yang tepat. Misalnya sore hari sekitar jam 17.00 disaat orang-orang sudah pulang dari bekerja,atau di malam hari saat beristirahat.

Tentunya langkah BNPB ini patut didukung. Tidak ada jalan yang mudah, tetapi pasti ada jalan keluar yang penuh harapan. Edukasi sadar bencana lewat sandiwara radio adalah keniscayaan. Mari kita dukung! Nyalakan radio sekarang juga!

Tri Ani Rachmawati

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun