Mohon tunggu...
Deni I. Dahlan
Deni I. Dahlan Mohon Tunggu... Penulis - WNI

Warga Negara Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen: Harapan Orang Gunung

9 April 2021   06:23 Diperbarui: 9 April 2021   06:29 272
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Harapan orang gunung. Sumber Ilustrasi: Pixabay

"Jadi teman ayahmu ini mengikuti mereka?"

"Ya. Dia mengajukan dirinya sendiri, dibantu oleh seorang temannya lagi. Namun ternyata perjuangannya terhenti sampai disini."

"Bagaimana dengan temannya?"

"Entahlah. Kami tidak tahu apakah dia masih membuntuti dua orang itu atau tidak. Kami belum mendengar kabar tentang dia."

Si orang gunung mengeluarkan secarik foto.

"Pencarian itu tidak mudah. Kalau kami juga gagal menemukan air itu. Hanya merekalah harapan kami."

Kata orang gunung sambil memperlihatkan foto keluarganya. Si pemuda melihat foto itu. Tampak dalam foto itu anak -- anaknya yang masih kecil, namun terlihat kekuatan orang gunung di tiap sorot matanya.

Lalu si pemuda menggenggam tanah kuburan yang masih basah.

"Berkat perjuangan kalian, tugas kita jadi lebih mudah. Dia gugur dengan pengorbanan yang tak sia -- sia."

"Ya. Sepertinya dia sudah berhasil memecahkan bait pertama puisi itu, sebelum meninggal kehabisan darah."

"Apakah kunang -- kunang itu akan muncul disini?"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun