Mohon tunggu...
Deni I. Dahlan
Deni I. Dahlan Mohon Tunggu... Penulis - WNI

Warga Negara Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Daun Talas yang Tak Ku Benci

18 Agustus 2020   02:02 Diperbarui: 18 Agustus 2020   01:49 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Kata orang, dunia tak selebar daun kelor
Tapi semakin kesini, dunia juga tak seluas padang surga
Apapun yang kulakukan salah, bagai dihujani panah dari segala arah
Kemanapun kumelangkah selalu mentok, dihadang tembok kelemahan dan keterbatasan

Saat diriku sibuk mengeja makna kehadiranku di dunia ini, tiba - tiba muncullah matahari di kala malam
Saat gerhana seperti ini, aku selalu rindu keabadian
Aku berharap cahayanya kan selalu ada, dan memayungi kami dari gelapnya malam dan pekatnya hitam
Aku berharap takkan ada kejatuhan dan kegagalan, sehingga aku bisa menyesap manisnya kedamaian

Sesuatu akan indah jika jarang terjadi, seperti gerhana yang muncul sesekali
Selain darinya, akan banyak mendung menakutkan, ribuan petir mengejutkan dan jutaan badai membingungkan
Saat menyendiri, aku ditemani optimisme menuju kekalahan
Begitu kuat kuyakini, bahwa aku tak sanggup menghadapi mereka
Mereka akan mengelupas kulit tipisku, mencabik dagingku, dan menggerogoti tulang lunakku hingga aku tak kenal diriku lagi

Neraka adalah bayangan terdekat, semakin jauh dari istana surga
Tapi di dalam panas apinya, kuharap akan kutemukan daun talas
Yang walau ia gampang goyah diterpa ketidakpastian, tapi masih luas dibanding daun kelor
Sehingga aku bisa berteduh sejenak di atasnya, dengan lebih ringan dan lebih lapang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun