Mohon tunggu...
Corry LauraJunita
Corry LauraJunita Mohon Tunggu... Tsundoku-Cat Slave

-

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Pelayanan Prima untuk Pengguna "Prima"

3 Juli 2019   12:47 Diperbarui: 3 Juli 2019   13:03 0 2 1 Mohon Tunggu...

Jaringan Prima (akan kita sebut "Prima"), adalah jaringan ATM yang dimiliki oleh PT. Rintis Sejahtera (Rintis) yang menghubungkan transaksi finansial antar bank pada semua jaringan ATM di seluruh Indonesia. Visi dari Rintis sendiri adalah To become the most admired and valuable electronic financial transaction solution provider in Indonesia (Menjadi penyedia solusi transaksi keuangan elektronik yang paling dikagumi dan utama di Indonesia) dan dengan Misinya adalah to honorably serve and enrich our stakeholders' life (melayani dan meningkatkan kualitas hidup dari pengguna layanan (pelanggan). Produk layanan yang ditawarkan oleh Rintis adalah Prima ATM, Prima Debit, Prima Payment Solution, Transaksi Internasional, Top-Up Uang Elektronik. Produk layanan yang diberikan sangat bervariasi dan terdengar menjanjikan kemudahan bagi penggunanya.

Sebagai seorang pengguna jasa perbankan, layanan-layanan yang ditawarkan oleh "Prima" sangat mempermudah proses transaksi keuangan saya. Mulai dari transfer, pembayaran tagihan, penarikan tunai, dan berbagai transaksi lainnya saya lakukan di ATM berlogo Prima.  Berbicara mengenai pelayanan tentu tidak akan lepas dari kepuasan dari pengguna layanan. Pengguna layanan akan merasa puas saat pemberi layanan memberikan pelayanan terbaik atau yang sering dikenal sebagai sebagai exellent service. Exellent Service atau yang dalam bahasa Indonesia sering diterjemaahkan dengan layanan prima dapat diartikan sebagai pelayanan yang terbaik atau pelayanan yang sangat memuaskan yang melebihi ekspektasi (harapan) dari pengguna layanan tersebut.  Pelayanan yang memuaskan akan membawa seorang pelanggan kembali membeli atau menggunakan jasa yang diberikan.

Menurut sebuah artikel yang pernah saya baca, pelanggan suatu layanan memiliki keinginan untuk memperoleh layanan sebagai berikut :

  1. pelayanan yang makin baik
  2. pelayanan yang cepat
  3. pelayanan yang cepat
  4. pelayanan yang terbaru
  5. pelayanan yang diberikan semakin sederhana

Tentunya jika mengikuti pengertian layanan prima diatas, secara sederhana, pemberi layanan dapat dikatakan memberikan layanan prima jika memenuhi 5 harapan dari pelanggan tersebut.Sebagai salah satu pemberi layanan perbankan, berdasarkan daftar tersebut sudahkah "Prima" memberikan layanan prima?

1. Pelayanan yang Makin Baik

Jaringan yang dimiliki oleh "Prima" sangat luas karena terhubung dengan lebih dari 80 bank di Indonesia dengan lebih dari 120.000 jaringan ATM yang saling terkoneksi satu dengan yang lain. Pada awal tahun 2019, jaringan "Prima" semakin luas dengan bertambahnya  14 mitra bank yang semakin mendukung layanan transaksi. 

Prima juga dengan aktif mendukung kebijakan dan regulasi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang dengan turut serta berkomitmen menyukseskan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Dengan ikut serta dalam program GPN, kartu debit dengan logo GPN dapat bertransaksi di ATM atau mesin EDC mana saja yang tergabung dalam jaringan "Prima". Tentunya komitmen dan perluasan kemitraan ini merupakan salah satu upaya yang diberikan oleh "Prima" untuk memberikan layanan yang semakin baik bagi para penggunanya. Jadi tidak ada lagi drama pembayaran di kasir hanya karena kartu debit yang saya miliki berbeda dengan mesin EDC yang tersedia.

 2. Pelayanan yang Cepat

Efisiensi waktu merupakan salah satu pelayanan yang paling diburu oleh masyarakat. Dengan luasnya jaringan yang dimiliki oleh "Prima", pengguna layanannya tidak perlu lagi mengantri di bank. Cek saldo, pembayaran tagihan, pengambilan uang, dan berbagai transaksi lainnya bisa dilakukan di ATM. Proses pengiriman uang juga berlangsung secara real time 24 jam, sehingga uang langsung dapat diterima saat itu juga, walaupun dilakukan dari bank yang berbeda. Jaringan yang luas, ATM yang banyak, dan pelayanan yang cepat seluruhnya sangat mendukung untuk efisiensi waktu dari pengguna layanannya.

3. Pelayanan yang Terbaru

Prima selalu mengikuti perkembangan inovasi keuangan. Salah satunya adalah meningkatkan kerja sama pelayanan elektronik terutama dalam pembayaran digital. Salah pelayanan terbaru yang diberikan adalah adalah menjalin kemitraan dengan OVO. Sekarang pengguna OVO bisa top up di 10 mitra bank "Prima", dan akan segera menyusul beberapa bank yang lain. "Prima" selalu sepertinya selalu berinovasi dan mengikut perkembangan jaman, sehingga dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup dari pengguna jasanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2