Mohon tunggu...
Ignasia Kijm
Ignasia Kijm Mohon Tunggu... Senang mempelajari banyak hal. Hobi membaca. Saat ini sedang mengasah kemampuan menulis dan berbisnis.

Senang mempelajari banyak hal. Hobi membaca. Saat ini sedang mengasah kemampuan menulis dan berbisnis.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Meraih Hidup Sehat Berkualitas dengan Yoga

16 November 2019   23:53 Diperbarui: 16 November 2019   23:54 109 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meraih Hidup Sehat Berkualitas dengan Yoga
Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat. (foto dokumentasi pribadi)

Investasi terbaik dalam kehidupan adalah tubuh kita sendiri. 

Yoga adalah koneksi body, mind, dan soul. Tubuh tidak hanya membutuhkan asupan makanan sehat dan bergizi seimbang, juga olah raga. Lakukan olah raga secara rutin dan konsisten meskipun hanya sebentar. Yoga tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, juga kesehatan pikiran.

Yoga yang berasal dari India bisa membentuk tubuh yang ideal. Selain itu yoga bagus untuk meningkatkan imun dan merelakskan tubuh. Dengan kata lain yoga memberikan sesuatu yang baik bagi tubuh. Waktu terbaik untuk memulainya adalah kapanpun. Terpenting adalah niat. Sebelum beryoga sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Sebenarnya tidak hanya yoga, sebelum melakukan olah raga lain pun sebaiknya berkonsultasi ke dokter.

Yoga bagus untuk  ibu hamil, mampu menenangkan dan membantu saat persalinan. Ibu hamil tentu perlu melakukan penyesuaian pose. Pilih gerakan yang soft. Listen to your body. Jangan memaksakan jika belum mampu melakukan, sesuaikan dengan kemampuan tubuh. 

Yoga bisa dimulai dari usia berapapun. Yoga for kids, anak-anak juga bisa diajak melakukan yoga. Tujuannya menyatukan energi dan meningkatkan konsentrasi.

Anda yang jarang berolah raga sebaiknya memulai dengan aktivitas ringan, seperti naik dan turun tangga. Gunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat saat beryoga terlebih Indonesia beriklim tropis.

Anda yang memiliki penyakit jantung dan asma, hindari beryoga di tempat panas. Yoga memiliki banyak jenis, diantaranya hatha yoga untuk pemula, vinyasa yoga dengan gerakan dinamis, iyengar yoga untuk Anda yang menyukai sesuatu yang detail, kundalini yoga untuk Anda yang menyukai meditasi, sampai yin yoga untuk Anda yang berkepribadian tenang.

Apa jenis yoga terbaik? Kembali kepada pilihan masing-masing orang. Tentunya pilih yoga yang sesuai kebutuhan. Bila diperhatikan dari tahun ke tahun semakin banyak orang yang tertarik belajar yoga. Bahkan sekarang yoga telah menjadi olah raga pilihan masyarakat urban.

Sehubungan dengan pola makan sehat, kita perlu memperhatikan asupan makanan yang baik. Sebagai contoh, nasi panas yang memiliki kadar gula lebih tinggi. Selain itu nasi panas lebih rentan terkena bakteri, maka sebaiknya didiamkan sebentar sebelum dimakan. Usahakan minum segelas air putih yang bertujuan membuat porsi makan tidak terlampau banyak nantinya.

Paradigma lama menyatakan makanan empat sehat lima sempurna. Kini paradigmanya menjadi pedoman gizi seimbang yang mencakup mineral, karbohidrat, hingga lemak. Jangan lewatkan jam makan.

Jangan abai terhadap urusan makanan. Coba konsumsi madu dengan kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh dan mampu melawan radikal bebas. Pola makan dengan gizi seimbang merupakan sebuah keharusan. Kita tetap butuh karbohidrat, terutama karbohidrat kompleks seperti gandum. Camilan dari gandum yang mengandung banyak serat bisa menjadi pilihan yang tepat tanpa khawatir berat badan naik. Pasalnya gandum memberi efek mengenyangkan lebih lama dan melancarkan pencernaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x