Mohon tunggu...
M Chozin Amirullah
M Chozin Amirullah Mohon Tunggu... Relawan - Blogger partikelir

Antusias pada perubahan sosial, aktif dalam gerakan mewujudkannya. Menghargai budaya sebagai bunga terindah peradaban. Memandang politik bukan sebagai tujuan namun jalan mewujudkan keadilan sosial. Tak rutin menulis namun menjadikannya sebagai olah spiritual dan katarsis. Selalu terpesona dengan keindahan yang berasal dari dalam. Ketua Gerakan Turuntangan, Mengajak anak muda jangan hanya urun angan tetapi lebih bauk turun tangan. Kenal lebih lanjut di instagram: chozin.id | facebook: fb.com/chozin.id | twitter: chozin_id | Web: www.chozin.id

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Barkunjung ke Kampung Baduy

21 September 2021   06:15 Diperbarui: 21 September 2021   06:23 187 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Barkunjung ke Kampung Baduy
Foto: Antara 

Masih ingat, Presiden Jokowi mengenakan baju ada Suku Baduy Luar saat menhadiri Sidang Umum MPRRI jelang peringatan Kemerdekaan lalu? Adalah sebuah ketidaklaziman, sebab biasanya Presiden memakai bajur jas berdasi lengkap saat menghadiri acara tersebut. Tentu ada pesan mendalam pada laku Jokowi mengenakan pakaian adat tersebut, di luar soal kontroversinya.

Pesan paling kuat yang bisa ditangkap adalah pengakuan kuat oleh pemimpin negara atas sebuah entitas suku Baduy beserta seluruh perangkat budayanya. Masyarakat baduy memang dikenal dengan ketertutupan dan ke-statisannya, namun di sisi lain memiliki sistem kuat dalam tata pengetahuan dan budayanya mengenai kelestarian lingkungan hidup.

Berawal dari undangan sebuah komunitas amal untuk mengikuti acara serah terima sebuah rumah ibadah yang dibangun tidak jauh dari lokasi permukiman Baduy Luar, saya akhirnya berkesempatan mengunjungi suku yang mendapat atensi langsung dari Jokowi melalui pakaiannya tersebut. Ahad, 19 September 2021 saya berkesempatan mengunjungi kembali perkampungan masyarakat Baduy Luar yang terletak di Desa Kanekes, Lauwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Saya berkesempatan berkunjung bersama anak-anak dan istri.

Normalnya perjalanan Jakarta-Baduy ditempuh antara 3-4 jam, tetapi hari itu kami jalan santai. Perjalanan lebih dari 5 jam dari Jakarta dengan membawa anak berusia 1,3 tahun menjadi tantangan tersendiri buat kami. Teorinya sich 3-4 jam sampai, tetapi demi mengatur ritme dan mood anak-anak di jalan, kami musti sering-sering mampir di jalan untuk beli makanan atau sekedar mampir toilet sehingga memakan waktu jauh lebih lama.

Perjalanan 'panjang' tersebut terbayar saat kami sampai di lokasi: suasana asli kehidupan masyarakat Baduy dengan kondisi alamnya yang masih asli membuat kami seakan 'escape' dari hiruk-pikuknya Ibukota. Karena Baduy Luar, masih banyak pengunjung dari datang. Oleh karena itu desanya juga disebut sebagai desa wisata.

Memandangi ekspresi wajah dan interaksi langsung dengan warga Baduy cukup untuk membuat kami merasa hormat atas keyakinan dan nilai-nilai yang mereka pegang. Wajah-wajah itu tampak penuh ketulusan, lugu, dan nisbi-ambisi. Berbeda sekali dengan wajah-wajah orang kota.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi

 

Tentang Suku Baduy

Sebutan Baduy lebih merupakan sebutan oleh orang luar terhadap suku tersebut. Mungkin orang-orang di luar Baduy, yang mayoritas Muslim mengidentikan suku asli tersebut dengan suku Baduy di tanah Arab pada zaman Nabi Muhammad dulu. Waktu itu, Nabi mengistilahkan suku-suku yang masih pedalaman disebut sebagai suku baduy. Termasuk Nabi sendiri, masa bayinya disusukan kepada seorang perempuan bernama Halimah dari suku Baduy, demi mendapatkan kemurnian nutrisi dan pendidikan usia dini.

Orang Baduy di Lebak sebenarnya tidak menyebut dirinya sebagai Baduy. Mereka lebih suka menyebutnya dirinya dengan sebutan urang Kanekes (orang dari desa Kanekes), sesuai dengan lokasi tempat mereka tinggal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan