Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

8 Alasan Mengapa Berkunjung ke Kolombia

28 Maret 2024   12:08 Diperbarui: 28 Maret 2024   12:22 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebenarnya sudah cukup lama saya memiliki keinginan terpendam untuk berkunjung ke Kolombia, salah satu negara Amerika Latin yang konon memiliki banyak daya tarik wisata yang memesona.  Namun selain lokasinya yang lumayan jauh, masih berseliweran banyak informasi kurang baik mengenai keamanan negeri ini, sehingga membuat kunjungan tersebut tertunda-tunda.  Sampai akhirnya saya membulatkan tekad untuk tetap datang dan jujur sangat senang dengan Keputusan ini.

Berikut beberapa alasan mengapa kita tidak boleh melewatkan Kolombia jika bertandang ke Amerika Latin.

1.Tidak Usah Mengurus Visa

Salah satu kerepotan yang terkadang menghalangi saya untuk berkunjung ke suatu negara, adalah keharusan mengurus visa sebelumnya, dan bila negara itu membebaskan visa bagi pemegang paspor Indonesia , maka tentu saja satu rintangan awal sudah terlewati.  Kolombia, sebagaimana banyak negara-negara tetangganya di Amerika Selatan, seperti Chile, Peru, Brasil, dan Ekuador memberikan fasilitas bebas visa bahkan sampai 90 hari.   Dan asyiknya ketika berangkat dari Kolombia pun, kita tidak perlu lagi melewati imigrasi, hanya perlu skan paspor di pintu elektronik.

2.Berbahasa Spanyol.

Jika sebelumnya saya pernah mampir ke Meksiko, Argentina dan Panama yang semuanya dulu memerlukan visa dan menggunakan Bahasa Spanyol, maka mampir ke Kolombia pun dapat sekaligus mempraktikkan kembali bahasa Spanyol kita yang mungkin sudah lama tidak digunakan.    Untuk jalan-jalan ke sini, apalagi sendiri dan tidak ikut tur dari Indonesia (rasanya belum ada tur dari Indonesia ke Kolombia) , memang ada baiknya menguasai atau belajar sedikit banyak bahasa Spanyol.

3. Masih Terjangkau

Peso Kolombia: Dokpri
Peso Kolombia: Dokpri

Mata uang di Kolombia, sebagaimana sebagian negeri bekas jajahan Spanyol adalah Peso Nilai tukar Peso Kolombia saat ini sekitar 4000 Peso untuk 1 USD.   Harga-harga dan biaya hidup di Kolombia secara umum memang lebih mahal dibandingkan di Indonesia, namun masih jauh lebih murah jika dibandingkan kita ke Amerika Serikat, Singapura, Eropa, Jepang atau Australia.  

4. Keramahan Penduduknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun