Genoveva Tersiandini
Genoveva Tersiandini Mohon Tunggu... Lainnya - penggemar wisata dan kuliner

Pensiunan pengajar di sebuah sekolah internasional.

Sehari Berkunjung ke Ninh Binh

6 April 2024   21:39 Diperbarui: 6 April 2024   21:41 80

Bagi banyak wisatawan yang datang ke Hanoi, berkunjung ke Ninh Binh menjadi salah satu pilihan wisata. Ada yang memilih untuk tinggal di sana beberapa hari, ada pula yang hanya mengunjunginya dalam sehari saja. Saya termasuk yang terakhir. Tam Coc adalah highlight dari perjalanan ke Ninh Binh ini. Sebenarnya ada dua pilihan tempat, yaitu mengunjungi Tam Coc atau Trang An, namun manager hotel kami menyarankan agar kami memilih Tam Coc karena lebih bagus. Jadilah kami memilih paket tour yang memasukkan Tam Coc di dalamnya. Walaupun saya sudah pernah ke Tam Coc, tapi saya tetap 'excited' untuk melihat tempat itu lagi.

Seperti hari-hari sebelumnya, pagi itu di Hanoi hujan turun.  Setelah kami selesai sarapan, pukul 7:30 kami menunggu dijemput di lobby hotel. Sementara menunggu kami bercakap-cakap dengan petugas reception yang sedang bertugas pagi itu. Seperti biasa kami bercanda bersama-sama. Tidak lama menunggu tour leader kami tiba dan kami segera berjalan menuju bus yang akan membawa kami ke Ninh Binh. Bus yang kami tumpangi tidak besar karena tour ini memang hanya untuk 20 peserta saja. Kami masih menjemput beberapa orang lagi sebelum berangkat ke Ninh Binh.

Ketika semua peserta sudah berada di bus, tour leader kami yang bernama Lou mulai memperkenalkan diri dan menjelaskan tempat-tempat yang akan kami kunjungi. Dia menjelaskan perjalanan menuju Ninh Binh akan memakan waktu sekitar dua jam tiga puluh menit. Kami akan berhenti di satu tempat untuk 'toilet break'. Nah sebelum sampai ke tempat itu kami dipersilakan untuk tidur. Saya mengamati sekeliling karena sekarang Vietnam sudah sangat berbeda dengan tahun 2013 ketika saya mengunjunginya. Sekarang kita sudah dapat melalui jalan tol untuk menuju Tam Coc yang sekitar 11 tahun lalu belum ada sama sekali. Cepat juga pembangunan di negara tersebut. Rasanya baru saja Lou meminta kami beristirahat kami sudah tiba di sebuah tempat dimana kami bisa pergi ke toilet. Nah dari situ kami dibawa ke sebuah kamar dan di situ kami diberi penjelasan tentang barang-barang yang berasal dari bambu. Rupanya ini adalah cara mereka memasarkan produk bambu mereka. Ada yang dibuat baju, lap, handuk, dan banyak lagi. Selesai menjelaskan, kami dipersilakan untuk melihat-lihat barang-barang produksi mereka di toko. Bagi yang tidak bisa menahan diri, tentu saja akan kalap membeli barang-barang tersebut. Setelah 30 menit kami diminta untuk kembali ke bus.

Lou memeriksa apakah semua peserta sudah berada di bus. Ketika sudah lengkap bus mulai bergerak untuk melanjutkan perjalanan. Pada saat ini Loe meminta izin untuk bernyanyi. Dia pun mulai menyanyikan lagu Vietnam. Setelah dia selesai, dia meminta beberapa penumpang untuk bernyanyi. Kedua teman saya menawarkan diri untuk menyanyikan lagu Dancing Queen. Wah seru sekali suasana di dalam bus saat itu. Lou memang pandai mencairkan suasana. Dia pun banyak bercanda selama perjalanan. Ada saja candaan yang dilontarkannya yang membuat kami tertawa terbahak-bahak. Perjalanan panjang itu jadi tidak terasa.

Akhirnya kami sampai di Mua Cave. Setelah bus di parkir, kami semua turun menuju Mua Cave. Pagi itu hujan rintik masih turun, jadi jalan yang kami lalui cukup basah dan licin. Kami harus menaiki anak tangga yang jumlahnya sekitar lima ratusan. Ada dua tempat yang bisa kita tuju ... kita bisa sampai di puncak bukit atau di pertengahan saja. Teman-teman dan saya memutuskan untuk berhenti di tengah saja dan kembali ke bawah karena jujur kaki kami masih terasa pegal-pegal setelah menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan di Fansipan, Cat Cat dan Ha Long Bay. Kami sudah tidak sanggup untuk naik turun tangga lagi, walaupun katanya pemandangan di puncak bukit sangat indah, karena kita bisa melihat seluruh Tam Coc dari situ. Kami sudah puas melihat dari tempat kami berdiri karena pemandangannya juga indah. Setelah puas kami turun dengan perlahan-lahan dan hati-hati karena tangga tersebut cukup licin. Akhirnya kami sampai di bawah dan kami memutuskan untuk berjalan-jalan di taman bunga yang pada saat itu bunganya sedang bermekaran karena sudah memasuki musim semi. Tidak lama berada di sana kami sudah diminta untuk kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya, yaitu sebuah restoran dimana kami akan makan siang.

Mua Cave (photo: dokrpi)

Puncak Mua Cave (foto: dokpri)

Tam Coc diselimuti kabut terlihat dari Mua Cave (foto: dokrpi)

Kami disajikan makanan Vietnam secara prasmanan. Rombongan kami datang paling awal, jadi kami bisa dengan leluasa memilih makanan yang terlihat menarik. Pilihan makanannya cukup banyak dan bervariasi, selain itu rasa makanannya lumayan. Ketika kami sedang makan datang rombongan tour lain yang juga makan di tempat itu. Suasananya menjadi sangat ramai ketika rombongan tour lain datang. Selesai makan kami diberi pilihan untuk naik sepeda atau tetap naik bus menuju Dinh King dan Le King Temple. Kami memilih naik bus saja. Rupanya hanya 4 orang yang memilih untuk tetap naik bus.

Tidak lama setelah kami tiba di tempel, teman-teman yang memilih naik sepeda pun segera tiba. Kami pun diarahkan menuju temple. Lou dengan kocak bercerita tentang sejarah temple tersebut. Sebelum kami kembali ke dalam bus, Lou meminta kami untuk mengambil group photo. Loe memang sangat ramah dan memiliki social skill yang baik. Kami semua menyukainya.