Matematika adalah kumpulan dari kebenaran dan aturan, ilmu matematika bukan sekedar  hanya berhitung saja.
Matematika  adalah untuk membangkitan masalah suatu masalah, kegiatan untuk menemukan serta untuk mempelajari pola dan hubungan.
Matematika  juga menjadi salah satu mata pelajaran bagi banyak pelajar di Indonesia yang tidak disukai dan beranggapan sulit.
Karena mata pelajaran matematika dianggap momok (menakutkan) Â bagi pelajar, sebenarnya matematika itu sangat menyenangkan.
Ada banyak cara peran guru dalam mengajar matematika yang bisa membuat siswa  menjadi tidak beranggapan bahwa matematika itu sulit, contohnya dengan  metode pembelajaran "Manipulatif (Permainan)".
Dengan metode pembelajaran manipulatif (permainan), guru mengharapkan siswa lebih aktif dan mengubah pemikiran pelajar bahwa matematika itu mudah. Salah satu cara menyajikan materi  yang mampu membuat siswa meningkat  minat belajar yaitu dengan metode pembelajaran permainan ludo.Â
Permainan ludo ini bisa digunakan disemua materi pelajaran, salah satunya pada materi "Operasi Hitung".
Sebelum permainan dimulai, guru membuat beberapa kelompok dan  memberi tahu konsep prosedur permainan terlebih dahulu.
Pertama perwakilan kelompok maju satu ke depan dan diberi masing-masing  sebuah dadu untuk dikocok, setelah itu siswa menunjukkan dan menyebutkan angka berapa yang diperolehnya. Siswa mengoperasikan keempat angka tersebut sehingga menghasilkan bilangan 24.Â
Guru pun memberikan simulasi permainan ini secara berkelompok untuk melihat peran aktif siswa pada permainan ini.Â
Adapun manfaat dalam metode permainan ini, sebagai berikut :
Permainan ludo diharapkan siswa untuk memotivasi siswa untuk berfikir menemukan proses pengoperasian suatu pasangan bilangan yang hasilnya sudah diketahui dari tebakan dengan mengocok dadu.
Guru dapat memberikan materi apa saja kedalam permainan ludo ini sekaligus berguna untuk mengulang kembali materi yang telah diajarkan.
Permainan ini sangat mempersingkat waktu, para siswa diharapkan agar dapat memahami materi dan lebih semangat  termotivasi lagi dalam belajar matematika.
Saat bermain ludo matematika harus fokus dan lebih cepat dalam menjawab soal  agar menjadi pemenang. Dalam perkelompok ada rasa persaiangan tanpa disadari. Inilah tujuan belajar matematika yang diharapkan dan tercapai dalam efisien.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI