Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

4 Pelajaran dari Konflik Kevin Sanjaya Versus Herry IP, Jangan Sampai Ego Merusak Reputasi

27 September 2022   05:54 Diperbarui: 3 Oktober 2022   23:18 3054 11 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Herry IP memberikan semangat kepada Kevin Sanjaya/Marcus Gideon: NOC Indonesia via tribunnews.com

Sejak kemarin, nama Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Herry Iman Pierngadi atau Herry IP menjadi buah bibir. Tentu, Marcus Gideon juga ikut terseret. Begitu juga PBSI.

Mereka sebenarnya bagai dua keping dari mata uang yang sama. Satu sisi ada Marcus/Kevin. Sisi lainnya adalah Herry IP. Berbicara tentang Marcus/Kevin, tak akan lepas dari sang pelatih. Mereka sudah menjadi bagian dari kejayaan ganda putra Indonesia dalam lima tahun terakhir.

Namun, yang mengemuka kali ini bukan tentang prestasi dan gelar. Justru sesuatu yang cukup membuat kaget para penggemar badminton Tanah Air, bahkan sejagad.

Betapa tidak. Kevin Sanjaya dan Herry IP dikabarkan berseteru. Konflik personal itu sudah membesar, malah sudah pada tahap akut. Tak ada lagi komunikasi di antara mereka sejak para pemain Pelatnas PBSI bertarung di dua seri turnamen di Malaysia, akhir Juni 2022.

Masing-masing sudah memilih jalan sendiri. Kevin memilih berlatih terpisah. Herry IP pun tak ambil pusing.

Keduanya pun sudah umumkan sikap ke publik. Herry IP tak mau lagi melatih Kevin Sanjaya.  Begitu juga sebaliknya. Kevin ketika diwawancarai cnnindonesia.com (26/9/2022) tegas mengatakan keputusannya sudah bulat. Tidak mau pula ditangani pelatih yang dijuluki Naga Api itu. Alih-alih kembali ditangani Herry IP, Kevin pun siap bila pada akhirnya harus keluar dari Cipayung.

Gunung es

Kita kemudian bertanya-tanya. Apa sebab perseteruan Kevin dan Herry IP? Apakah masalah tersebut sudah  sedemikian berkecamuk hingga mengguncang panggung bulu tangkis dunia?

Patut diakui, konflik ini jelas akan menjadi santapan publik dunia. Momennya tepat terjadi setelah Marcus/Kevin lengser dari puncak ranking dunia, digusur Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dari Jepang.

Kevin adalah pemain yang sangat fenomenal. Skill olah raketnya membuat ratusan juta pasang mata terpukau. Banyak orang mengaguminya. Begitu juga ketengilannya yang dibenci sekaligus dirindukan.

Prestasinya bersama Koh Sinyo, sapaan Marcus Gideon begitu mentereng. Hampir semua gelar sudah mereka raih kecuali medali emas Olimpiade dan Kejuaraan Dunia. Selama lima tahun terakhir mereka merajai ranking dunia, tepatnya selama 214 pekan secara beruntun, sejak 27 September 2017 hingga 11 September 2022.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan