Mohon tunggu...
Bunga CitraLestari
Bunga CitraLestari Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Aku adalah Seorang wanita berkulit kuning langsat, berhidung mancung kecil, memiliki lesung pipi dan mata yang bulat, aku mengenakan baju panjang berwarna hitam, kelahiran tahun 2003 terlahir dari keluarga sederhana. Aku sangat mengagumi langit biru, karena tingginya langit yang membuatnya semangat untuk menggapai impianku dalam mencari ridho Allah dan warnanya yang biru yang sangat menawan dan cantik yang membuatku bersyukur karena Allah masih mengizinkanku melihat ciptaan-Nya yang begitu indah, aku juga menyukai nostalgia, karena dengan bernostalgia aku bisa belajar dari masalaluku.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Langit Senja yang Dirindukan Langit Biru

10 Agustus 2022   22:11 Diperbarui: 10 Agustus 2022   22:19 724
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Apasih Cerpen itu?

Cerpen menurut KBBI merupakan cerita pendek yang berisi tentang kisah cerita yang berisi tidak lebih dari 10 ribu kata. Pada umumnya cerita pada cerpen bisa memberikan kesan dominan dan berkonsentrasi pada permasalahan satu tokoh.

Menurut The Liang dan A. Widyamartaya cerpen adalah cerita khayal berbentuk prosa yang pendek, biasanya di bawah 10.000 kata, bertujuan menghasilkan kesan kuat dan mengandung unsur-unsur drama: oleh sebab itu alirnya pun disebut konflik dramatik (dalam Korrie, 1995:10).

Jadi, dapat disimpulkan cerpen adalah sebuah cerita pendek yang hanya menceritakan satu tokoh saja, biasanya dalam membaca cerpen cukup hanya membutuhkan waktu sekitar 5-20 menit atau satu kali duduk tergantung si pembacanya.

Nah, setelah kita mengetahui pengertian cerpen, disini saya akan memberi sebuah contoh cerpen.

SELAMAT MEMBACA;)

Langit Senja yang Dirindukan Langit Biru

***
Aku Sastra, wanita kelahiran tahun 2003, si penggemar Langit Biru. Setiap hari aku selalu ingin memandang langit biru, ketika aku melihatnya aku seperti ingin terbang ke langit menggapai impianku yang ku gantungkan pada langit doa-doaku.
Suatu hari aku sedang duduk dan membuka akun Facebook ku. Aku scroll beranda dan tiba-tiba ada notif pesan dari seorang laki-laki, yang umurnya lebih tua dariku.

Jingga, pria kelahiran tahun 1999. Ya, dia adalah laki-laki yang mengirim pesan padaku, dia adalah seorang guru bahasa Indonesia disekolah dan dipondok yang sama dengan  sepupu ku Nana, dia seorang santri dan sedang mengabdi di pondoknya sebagai ustadz. Dia datang seperti Langit Senja yang selalu aku rindukan kehadirannya.

"Assalamualaikum". Ka Jingga

"Waalaikum'salam". Jawabku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun