Mohon tunggu...
Barantum
Barantum Mohon Tunggu... Konsultan - Profil Bisnis

Software Developer Spesialis CRM dan Call Center berbasis Cloud, dengan visi memajukan Pertumbuhan Bisnis di Indonesia dengan memaksimalkan kinerja SDM Penjualan melalui metode pendekatan kebutuhan Pelanggan.

Selanjutnya

Tutup

Money

Rahasia Sukses Tim Sales di Perusahaan Besar yang Pebisnis Wajib Tahu

23 Juni 2022   15:51 Diperbarui: 23 Juni 2022   15:56 92 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengertian CRM (sumber: article.id)

Tim Sales Marketing Adalah Tombak Perusahaan

Tim sales merupakan tombak bagi perusahaan. Karena tim saleslah yang bersentuhan langsung dengan pelanggan, semakin andal tim sales dari sebuah perusahaan akan semakin banyak omzet dan pendapatan yang dihasilkan.

Membuat laporan sehari-hari adalah hal yang biasa. Khusus untuk tim sales, ada banyak fitur menarik dari CRM yang sangat berguna untuk aktivitas pekerjaan mereka, namun masih banyak yang belum mengetahuinya.

Padahal sistem CRM jika dimanfaatkan dengan maksimal akan membantu mempermudah produktivitas bisnis Anda. Termasuk, dalam meningkatkan penjualan.

Nah, berikut ini akan dibahas manfaat yang bisa Anda dapatkan dari fitur CRM untuk tim sales Anda.

Apa Itu CRM (Customer Relationship Management)?

CRM singkatan dari Customer Relationship Management yang bertujuan sebagai strategi pemasaran bisnis dan menjalin komunikasi yang baik antara bisnis atau perusahaan dan pelanggan.

Jadi, penggunaan Customer Relationship Management memang diperlukan bagi pebisnis untuk membuat bisnisnya semakin maju dan berkembang. Tentunya untuk memaksimalkan kegunaan CRM, Anda perlu mengatahui bagaimana cara mengaplikasikannya.

Manfaat CRM Bagi Tim Sales Untuk Mencapai Target Dalam Waktu Singkat

1. Mengatasi double follow up

Pernahkan Anda atau tim menemukan kendala ini? Kasus double follow up terjadi dimana dua orang staf sales menghubungi seorang pelanggan atau calon pembeli. Akibatnya, akan ada penggandaan kontak pelanggan.

Kasus ini bisa terjadi karena kurangnya koordinasi antar staf sales atau kurangnya penerapan SOP perusahaan. Anda dan tim sales harus menghindari kasus ini agar pelanggan atau calon pembeli tidak kebingungan. Tidak hanya itu, adanya double follow up ini bisa membuat pelanggan Anda menjadi tidak nyaman.

Adanya Customer Relationship Management membuat Anda dapat melihat aktivitas follow up pelanggan secara real time. Sehingga tidak terjadi double follow up kepada pelanggan.

2. Handle satu pelanggan oleh dua staf sales

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan