Mohon tunggu...
Prof. Dr. Apollo. CIFM
Prof. Dr. Apollo. CIFM Mohon Tunggu... Seniman - Tan keno kinoyo ngopo

***

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Filsafat Kantian

24 Juli 2021   18:45 Diperbarui: 24 Juli 2021   19:01 111 15 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Filsafat Kantian
Kantian/dokpri

Filsafat Kantian

Ketika mendengar kata filsafat, mungkin banyak orang yang menganggapnya sulit atau hanya sekedar mengutak-atik penalaran. Namun,  merupakan fakta  teori dan konsep yang dipikirkan oleh para filsuf tentang apa yang seharusnya dan dianjurkan oleh seseorang memiliki pengaruh besar pada cara berpikir, perilaku, dan sistem sosial kita sehari-hari.  

Filsafat Kant bukan hanya orang yang sangat diperlukan dalam berbicara tentang sejarah filsafat modern, tetapi  orang sentral yang memikirkan apa yang menjadi dasar cara berpikir dan perilaku yang kita terima begitu saja dan membangunnya sebagai suatu sistem.

Kant dikatakan telah berbicara dalam sebuah kuliah tentang "harga diri yang mulia dari berpikir untuk diri sendiri dan menemukan kesalahan untuk diri sendiri." Alih-alih menyentuh tulisan Kant dan meniru produk jadi, mengapa tidak menyentuh "filsafat" untuk mengetahui kebenaran dan membuat penemuan baru dalam kehidupan sehari-hari.

Immanuel Kant  adalah seorang filsuf yang mewakili abad ke-18 dan dikatakan sebagai nenek moyang filsafat modern . Hal ini karena "Critique of Practical Reason", yang menyebabkan revolusi episteme yang disebut "Copernican Revolution", "Critique of Practical Reason",  adalah rerangka teori tentang standar moral universal, dan berdirinya sebuah organisasi internasional yang menjadi model bagi Serikat Pekerja hingga saat ini. 

Bangsa didunia saat ini telah melakukan proyek besar untuk mempertimbangkan kembali berbagai masalah dari prinsip-prinsip universal , seperti "Untuk Perdamaian Abadi", yang kami usulkan . Akibatnya, ia memiliki pengaruh besar di banyak bidang hingga saat ini, seperti yang dikatakan  "semua filsafat sebelum Kant mengalir ke Kant, dan filsafat setelah Kant mengalir keluar dari Kant".

Adalah Immanuel Kant lahir pada April 1724 di Konigsberg, ibu kota Prusia Timur (sekarang Kaliningrad, Rusia). Dikatakan  ayah dari seorang pengrajin baju zirah yang bekerja keras dan ibu yang sensitif keduanya menjalani kehidupan yang hangat dan penuh kasih untuk anak-anak mereka, berdasarkan prinsip saleh berdasarkan semangat Luther. Dikatakan  gaya hidup orang tua seperti itu mengajarkan Kant pentingnya nilai-nilai ketekunan, kejujuran, kepolosan, dan kemandirian.

Pietisme umumnya dikatakan muncul dari penentangan terhadap formalisme, yang merupakan kepatuhan ketat pada "kredo" sekte Ortodoks Protestan. Karakteristiknya menekankan perjuangan pertobatan, yang mengarah pada pertobatan mendasar dan kebangkitan iman melalui doa dan membaca Alkitab, daripada secara formal mengikuti doktrin tertentu, dan "diri lama" adalah Tuhan; diatasi oleh "diri baru" melalui anugerah.

Keluarga tempat Kant dilahirkan dan dibesarkan sama sekali tidak kaya. Kant, yang kehilangan ibunya pada usia 13 tahun, harus mandiri sejak dini, belum lagi barang-barang pribadi, dan bahkan setelah mendaftar di Universitas Konigsberg, mengurus studi teman-teman sekelasnya dan menambah biaya kuliah biaya.  

Dalam kehidupan seperti itu, Kant mendapatkan seorang guru bernama Knutzen, seorang filsuf, dan mempelajari "ilmu alam" untuk menafsirkan dan menjelaskan fenomena alam secara komprehensif, tetapi ia meninggalkan universitas karena kematian ayahnya. Dikatakan  pemakaman ayahnya diadakan dengan biaya umum karena dia tidak mampu membayarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x