Mohon tunggu...
Ikhwanul Halim
Ikhwanul Halim Mohon Tunggu... Editor - Penyair Majenun

Father. Husband. Totally awesome geek. Urban nomad. Sinner. Skepticist. Believer. Great pretender. Truth seeker. Publisher. Author. Writer. Editor. Psychopoet. Space dreamer. https://web.facebook.com/PimediaPublishing/ WA: +62 821 6779 2955

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Tarian Monyet untuk Menghiburmu

2 Januari 2024   21:21 Diperbarui: 2 Januari 2024   21:26 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto ilustrasi: dok. pri. Ikhwanul Halim

Saya tidak tahu apa pun tentang desain interior, namun di sinilah saya duduk, seorang ahli di bidangnya, datang ke seberang lautan untuk berbagi dan mempelajari teknik tuan rumah saya. Itu akan menjadi masalah jika ada orang yang berbicara dengan saya. Jika ada orang di ruangan ini yang mampu berbicara dengan saya, dan saya mampu membalasnya secara bergantian.

Namun monyet jarang dipekerjakan karena pengetahuan atau kecerdasannya. Tidak. Monyet disewa untuk menari jika diminta, duduk dengan tenang dan tampil cantik jika diminta, dan menghilang jika diminta.

Ini semua soal menjual martabatmu, itulah yang dikatakan semua orang. Itu yang dikatakan Bahlul saat dia menjebakku ke dalam masalah ini, dan dia pasti mengetahuinya.

Bahlul adalah seorang penipu, tipe manusia yang suka melakukan apa saja dan suka mencuri uang, dan tipenya unggul dalam pekerjaan semacam ini. Harga diri? Harga kecil yang harus dibayar untuk gaya hidup, harga di mana kamu mengakhiri hari dengan membeli warung waralaba hanya kamu Anda punya uang untuk melakukannya. Berbelanja seperti orang kaya yang idiot adalah bagian dari kesepakatan. Memberimu reputasi, membuat kamu haus untuk mendapatkan lebih banyak, membuat klien melihat bahwa kamu adalah investasi yang tepat.

Itu bukan saya dan tidak akan pernah terjadi. Saya tipe manusia yang suka menjaga harga diri jika dibutuhkan. Saya tipe manusia yang suka membayar malam yang tenang dengan hasil pekerjaan cepat. Monyet berbohong selama satu jam, dia menghasilkan cukup uang untuk membeli makan malam dan minum serta biaya perjalanan pulang. Bukan hal yang buruk. Monyet tidak iri pada siapa pun.

Ini pekerjaan yang mudah, menjadi pendukung, tetapi ada banyak waktu dan tidak banyak yang harus dilakukan. Tokoh penting yang ingin kami buat terkesan dengan meluangkan waktunya yang berharga. Sama halnya ke mana pun kamu pergi, menunggu seseorang yang tahu betul bahwa dia cukup penting sehingga semua orang akan menunggu. Dan tidak banyak yang bisa dilakukan monyet.

Menyusuri bagian dalam ruang kerja, melihat siapa yang meninggalkan mejanya dalam keadaan berantakan, mencari bukti bahwa cewek berambut merah di seberang jalan itu masih single, berharap dia cukup menguasai bahasa isyarat untuk memahami ajakan kencan.

Apakah monyet tidak mempunyai kebutuhan selain uang?

Satu-satunya hal yang tidak saya lakukan adalah berbicara, kali ini tidak. Saya hanyalah penyangga, sedikit hiasan panggung, bagian dari ilusi untuk meyakinkan seseorang bahwa ada penggerak yang hadir.

Ketika dia akhirnya muncul, dan ilusi dimulai, semua orang berbicara di sekitar saya. Monyet tidak akan berkata apa-apa kecuali seseorang menarik tali pengikatnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun