Mohon tunggu...
Wahyu Ali J
Wahyu Ali J Mohon Tunggu... Penulis - Bebas

Life Path Number 11 [08031980]

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Cerpen: Sepenggal Kisah

5 Agustus 2023   19:43 Diperbarui: 5 Agustus 2023   19:51 244
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: Pixabay Free Image

Sepenggal Kisah

Malam terasa jenaka, hal-hal lucu berkeliaran di kepala. Sedikit pusing setingkat pening, terlalu banyak tertawa nyatanya kurang sehat juga yang berlaku di kepala.

Ketawa sendirian pula, atas dasar menghibur diri daripada aku ini tengok sana tengok sini, mencari sesuatu yang pada akhirnya tak ada satupun yang akan menanggapi.

Di luar sana memang hening, para tetangga tak lagi bising seperti sore tadi. Mungkin mereka tengah merasa lelah, memilih berbaring di tempat istirahatnya masing-masing.

Di dalam sini, aku masih sendiri semenjak tadi pagi hingga malam ini tengah berlangsung. Maklum, jadi seorang anak tunggal itu ya begini, sepinya jauh lebih dominan ketimbang serunya berkumpul bareng keluarga tercinta.

Ketidakmampuan menghibur diri dampaknya bisa saja akan lumayan fatal untukku, menurutku sih begitu. Digerogoti banyak sesi sepi setiap hari itu nggak ada asyik-asyiknya sama sekali.

Mencari secercah hiburan yang sebatas normal bin wajar, aku pikir itu masih masuk akal, daripada aku dibuntuti sering merasa kesepian di saat-saat yang sama sekali bukan keadaan yang kebetulan.

"Selama aku ini bisa cukup betah di rumah dan nggak bertindak gegabah, aku pikir itu tidaklah salah."

Oh ya, ada tetangga yang pernah bilang, katanya aku ini hidupnya senang. Tiap hari tinggal minta jatah lalu berangkat sekolah, setelahnya sekolah pulang ke rumah, dan sudah disediakan sekian rupiah untuk perbekalan menikmati setiap hari.

"Satu sisi sudut pandang versi tetangga, berbeda versi dengan aku yang menjalani yang justru kerap merasakan sepi pun sunyi sendiri."

Betul kata Bu Guru, kadang butuh berdebu dulu untuk kemudian jadi mau menyapu agar menjadi bersih adanya. "Aku memang mengakui, butuh belajar juga, agar secara bertahap bisa menuju kebersihan hati."

Betul juga katanya Pak Guru, ada saatnya harus mau bertamu demi bertemu restu, menemukan sekian hal baru atau suasana yang akan jauh lebih bermutu. "Pikiranku kan mana mau kerap buntu atau sering rancu, toh secara perlahan menata budi pekertiku diragam situasi adalah perlu."

"So ... apapun persepsi tetangga atau siapapun terhadapku, anggap saja satu kabar berita juga satu kabar gembira bagiku."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun