Mohon tunggu...
Aulli R Atmam
Aulli R Atmam Mohon Tunggu... Jurnalis - Kompasianer

Kompasianer pemula

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Akhir Penantian Argentina Itu Bernama Copa America 2021

12 Juli 2021   01:39 Diperbarui: 12 Juli 2021   01:55 133 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Akhir Penantian Argentina Itu Bernama Copa America 2021
Timnas Argentina. (Sumber: Wikimedia Commons)

Gelar juara Copa America 2021 adalah sebuah akhir penantian. Bukan hanya bagi Lionel Messi, namun juga bagi pemain lain, juga bagi Argentina sebagai sebuah tim dan bangsa.

Semua orang menyoroti Lionel Messi ketika Argentina menjadi juara Copa America 2021. Messi adalah pusat perhatian dunia, bahkan perhatian yang didapatnya seorang mungkin sama besar dengan perhatian untuk Timnas Argentina itu sendiri.

Argentina menjuarai Copa America 2021 setelah mengalahkan tuan rumah Brasil 1-0 dalam partai final yang digelar di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, pada Sabtu (10/7/2021) waktu setempat atau Minggu pagi waktu Indonesia. Gol penentu kemenangan Argentina dicetak oleh Angel di Maria pada menit ke-22.

Sejak awal turnamen, nasib Messi adalah topik yang paling hot untuk dibahas. Maklum saja, meski diakui sebagai pemain terhebat di muka bumi dengan gelimang trofi bersama Barcelona, pencapaiannya di level timnas justru sebaliknya. Sebelum Copa America 2021, Messi belum pernah meraih juara bersama Argentina. Dengan usianya yang sudah menginjak kepala tiga, semua orang penasaran apakah ia akhirnya akan mampu mengantar Argentina meraih juara.

Apalagi, semua tahu jika gelar juara bersama Argentina adalah hal yang paling diidam-idamkannya sejak lama. Empat kali Messi melakoni laga final turnamen internasional dengan seragam La Albiceleste, empat kali pula ia merasakan kekalahan. Final Copa America 2021 adalah final kelimanya, final yang berujung pada berakhirnya sebuah penantian panjang.

Messi merasakan final pertamanya bersama Argentina di ajang Copa America 2007. Hasilnya, Argentina dikalahkan Brasil 0-3. Tujuh tahun berselang, Argentina ditundukkan Jerman 0-1 di Piala Dunia. Pada 2015 dan 2016, Argentina kalah di ajang yang sama, oleh lawan yang sama, dan dengan cara yang sama. Argentina dibungkam Cile di final Copa America lewat adu penalti.

Faktanya, Messi adalah satu-satunya pemain alumni Copa America 2007 yang berada di skuad Argentina untuk Copa America edisi tahun ini. Sementara itu, ada dua pemain lain yang merupakan alumni Piala Dunia 2014 yang masih memperkuat Argentina saat ini, yakni Di Maria dan Sergio Aguero. Artinya, seperti halnya Messi, mereka berdua pun sebetulnya turut merasakan kegagalan beruntun dan penantian panjang demi sebuah trofi bersama Argentina.

Jangan lupa, Di Maria dan Aguero juga adalah pemain yang kariernya gemilang di level klub. Meski tidak sefenomenal Messi, keduanya jelas bisa dibilang sukses berkat pencapaian dan banyaknya koleksi trofi bersama klub masing-masing.

Jelas bahwa bukan hanya bagi Messi, juara Copa America 2021 juga sangat penting bagi keduanya.

"Saya tidak bisa menangis, saya tidak bisa jatuh, kami sangat bermimpi untuk mencapai ini. Begitu banyak orang mengatakan saya tidak boleh kembali, saya terus berusaha melakukan hal yang tampak mustahil dan hari ini hal itu terjadi, " ujar Di Maria seperti dilansir AP.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN