Mohon tunggu...
Aspiansyah Tibyan
Aspiansyah Tibyan Mohon Tunggu... Penulis - Catatan harian dari penyangga IKN Nusantara.

ASN instansi vertikal, bertugas di Kalimantan Selatan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

IKN: Kado Terindah untuk DKI

23 Juni 2022   09:17 Diperbarui: 23 Juni 2022   09:44 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pertama kali saya menginjakkan kaki ke DKI adalah pada tahun 2003. Itu saat saya diberi kesempatan untuk mengenyam pendidikan gratis di kampus kedinasan miliknya BPS, di jalan OTISTA, Jakarta Timur, dekat terminal Kampung Melayu. Sejak saat itu, sekitar 4 tahunan saya tinggal di Jakarta. 

Setelah itu saya harus ke daerah menjalankan ikatan dinas. Tahun 2016 sampai 2017 saya bertemu lagi dengan Jakarta. Meski hanya memandangnya dari kampus UI Depok. Paling tidak pengalaman itu memberikan saya sedikit otoritas untuk ikut berpendapat mengenai Jakarta ini.

Kado terindah adalah kado yang paling bermanfaat dan paling dibutuhkan oleh si penerima kado. Dan sekarang, DKI berulang tahun ke 495.

Saya sejujurnya merasa kasihan dengan DKI. Ibarat tubuh tua nan renta, ia butuh istirahat. Sudah ratusan tahun ia "dipaksa" menjadi magnet tunggal untuk menarik manusia ke dalamnya. Untuk kemudian ia tanggung beban-bebannya. Dari beban tubuh manusia itu sendiri, sampai beban ekonomi mereka.

Saya teringat kata Biden, Presiden Amerika sekarang, yang pasti dapat informasi dari para pembisiknya yang pintar-pintar, diperkirakan 10 tahun lagi DKI akan tenggelam. Penurunan air tanah salah satu penyebabnya. Saya juga teringat kata Andrinof Chaniago, penggagas pemindahan ibu kota ke Kalimantan, bahwa kekuatan dari magnet pembangunan yang dimiliki Jakarta harus dipecah.

Sekarang adalah momennya. IKN adalah jalan keluarnya.

Selamat ulang tahun DKI, beristirahatlah! Ijinkan IKN berbagi beban denganmu. Bersama-sama untuk mengakselerasi kemajuan Indonesia.

Selamat HUT 495 Jakarta.
Salam Indonesia Maju!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun