Mohon tunggu...
Asita Suryanto
Asita Suryanto Mohon Tunggu... Traveler

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Jaipur, Kota Pink yang Eksotis di India

13 Agustus 2019   01:22 Diperbarui: 17 Agustus 2019   15:04 0 8 4 Mohon Tunggu...
Jaipur, Kota Pink yang Eksotis di India
Hawa mahal (dok. Asita)

India selalu identik dengan tujuan wisata Taj Mahal di Kota Agra. Padahal, di Kota Jaipur yang berjarak sekitar 200 kilometer dari Taj Mahal adalah kota bersejarah. Merupakan pintu gerbang ke negara bagian India yang paling indah. Kotanya tidak terlalu ramai dan berhawa sejuk seperti di Malang.

Jalan-jalan kota yang penuh warna pink atau merah muda akan terlihat sedikit lalu lintas yang kacau. Mobil yang berjalan bersama sapi yang berlarian, becak, sepeda dan beberapa sepeda motor yang suaranya meraung-raung dikendarai para pemuda yang bergerombol bersama temannya dengan santai.

Di jantung kota, terdapat kawasan City Palace yang merupakan jajaran pusat pertokoan kain dan suvenir. Di sana terdapat peninggalan keluarga kerajaan; Jantar Mantar, yaitu bekas reruntuhan istana yang dinamakan Hawa Mahal.

Hawa Mahal adalah tembok reruntuhan untuk tempat melihat para permaisuri mengintip suasana pasar dari banyak jendela di dinding yang didominasi warna pink.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Kota Jaipur adalah kota dengan suasana pegunungan kering di sekitar kota yang dikelilingi benteng. Benteng Amber, salah satu tujuan wisata utama di Jaipur.

Liburan sambil menyibak sisi eksotis India, datanglah dan mendarat saja ke Jaipur.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Itinerary berikut ini bisa dicoba jika tertarik liburan tiga hari di kota yang berhawa sejuk tersebut.

Berjarak 260 km dari New Delhi, ibukota India, Jaipur menjadi salah satu destinasi populer di kalangan turis yang berlibur ke Negeri Bollywood ini.

Banyak istana, masjid serta benteng megah, hingga kuil di atas bukit dengan pemandangan sunset mempesona yang bisa traveler datangi.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Tempat wisata yang bisa didatangi di Jaipur antara lain:

1. Amer Fort
Hari pertama di Jaipur, traveler dapat mengunjungi Amer Fort yang letaknya sekitar 11 km dari pusat kota. Objek wisata ini merupakan komplek istana serta benteng yang dibangun klan Meenas dan kemudian dikuasai oleh Maharaja Man Singh I.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4