Mohon tunggu...
Asep Winarto Nainggolan
Asep Winarto Nainggolan Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar/Mahasiswa

Menulis mengenai hal - hal sosial

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penerapan Bank Sampah Digital "TEMAN UBAH" oleh Tim PPK ORMAWA Universitas Widyatama

6 Oktober 2022   17:21 Diperbarui: 6 Oktober 2022   17:32 349 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Universitas Widyatama yang diwakili oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) beserta Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF) dinyatakan lolos dalam tahap seleksi penerima bantuan PPK (Program Peningkatan Kapasitas) Ormawa (Organisasi Kemahasiswaan) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Pengumuman penerimaan dana bantuan ini di wartakan pada tanggal 17 Juni 2022 melalui platform online milik DIKTI KEMENDIKBUD. Program ini membantu tim PPK Ormawa Universitas Widyatama untuk merealisasikan kegiatan penerapan Bank Sampah digital di Kelurahan Margasari. Pelaksanaan kegiatan akan berlangsung pada Semester Ganjil Tahun 2022 - 2023 ini selama kurang lebih 4 bulan, dari bulan September sampai dengan Desember.  

Ibu Verani Hartati, S.T.,M.T selaku pembimbing dalam pelaksanaan program Bank Sampah Digital ini dengan berkolaborasi dengan Bank Sampah Bersinar yang merupakan mitra kerjasama dalam jasa pengelolaan sampah khususnya sampah anorganik. Kontrak kerjasama ini ditanda tangani langsung oleh Community Development Manager Ibu Maya. 

Program Bank Sampah digital melibatkan Kelurahan Margasari sebagai pelaku penerimaan program Bank Sampah digital. Masyarakat yang berada di Kelurahan Margasari akan di fasilitasi program atau sistem pengelolaan sampah untuk membantu mengelola sampah rumah tangga mereka dan menjadikan sampah tersebut menjadi nilai tukar rupiah. Sistem pengelolaan Bank Sampah yang dimaksud adalah sistem yang diciptakan oleh tim PPK Ormawa, sistem ini dinilai lebih  efektif dan efisien. 

Selain itu kegiatan ini nantinya akan dibantu oleh tim Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Margasari yang berperan sebagai admin untuk setiap RW yang ada di Kelurahan Margasari. Sistem pengelolaan Bank Sampah  merupakan sistem berbasis web dengan nama "Teman Ubah" atau sisTem PengelolaAN Untuk Bank sampaH, dengan tim PPK Ormawa sebagai pihak yang membantu memonitoring program tersebut. 

Dokpri
Dokpri

Kelurahan Margasari terlebih Pak Memed selaku Lurah sangat mengapresiasi program ini, beliau mendukung secara penuh program pelaksanaan Bank Sampah digital ini. Kelurahan Margasari merupakan salah satu kelurahan di Kota Bandung, kelurahan ini memiliki luas 272,18 hektar. Kelurahan Margasari merupakan kelurahan terluas di Kecamatan Buah Batu sebesar 37%. Kelurahan Margasari memiliki 21 RW dan 152 RT dengan total penduduk 39.467 orang dan tercatat memiliki 11.100 Kepala Keluarga (KK) (BPS Kota Bandung 2020). 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan