Mohon tunggu...
Arum Tias Astiningsih
Arum Tias Astiningsih Mohon Tunggu... Public Relations

Citizen of The World

Selanjutnya

Tutup

Digital

Tangani Customer Melalui Platform Digital

30 Juni 2020   11:36 Diperbarui: 30 Juni 2020   11:50 31 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tangani Customer Melalui Platform Digital
Ilustrasi customer melakukan belanja melalui channel online | pexels.com

Covid-19 membuat cara bekerja kita juga berubah. Tentunya situasi ini membuat para pelaku usaha dan berbagai perusahaan harus dapat beradaptasi dengan cepat dalam membuat strategi baik dalam memasarkan produk maupun penjualan untuk menjaga omzet, dan juga dalam menjalin hubungan dengan konsumen. Kondisi new normal seperti saat sekarang ini membuat banyak perusahaan dan pelaku usaha yang kini beralih secara digital atau online. 

Beralihnya konsumen berbelanja online membuat customer service yang fast response menjadi salah satu prioritas utama terutama dalam masa pandemi untuk memberikan service yang excellence. 

Customer service bisa dijadikan solusi terutama dalam masa pandemi seperti sekarang ini. Banyak perusahaan yang sudah menjadikan customer service sebagai garda terdepan dalam melayani dan berkomunikasi dengan konsumen, karena customer service merupakan fasilitas media informasi. 

Menurut Microsoft State of Global Service Report, hampir 61% pelanggan masa kini melihat customer service sebagai sesuatu yang sangat penting. 

Di tahun 2020 ini, customer service diprediksi akan mengambil alih peran dari "harga" maupun "jenis produk" itu sendiri sebagai suatu pembeda yang signifikan diantara banyaknya perusahaan di luar sana. 

Pengalaman konsumen yang puas dapat membantu perusahan dalam membangun kepercayaan dan bisa memicu pembelian ulang oleh konsumen. 

Namun, pengalaman konsumen yang buruk dapat menyebabkan perusahaan kehilangan penjualan, merusak reputasi, dan tentunya ulasan online yang buruk.

Perusahaan juga harus bisa bisa memprediksi kemajuan perkembangan dan teknologi untuk dapat  memaksimalkan fasilitas teknologi tersebut untuk dapat meningkatkan customer service dengan harapan dapat meningkatkan kepuasan konsumen. 

Dengan hadirnya platform digital untuk penggunaan customer service dapat membantu perusahaan untuk melayani konsumen dengan mudah dan cepat selama 24 jam penuh mulai dari menjawab pertanyaan, hingga menanggapi komplain ataupun refund. 

Hadirnya teknologi tersebut diimbangi dengan sumber daya berpengalaman yang akan berusaha untuk memberikan layanan terbaik dengan cepat, akurat, dan tanggap untuk membantu perusahaan dalam berkomunikasi dengan konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN