Mohon tunggu...
Ari Setiadi
Ari Setiadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Trader Cypto Currency

Mahasiswa Bina Bangsa

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Recruitment dan Seleksi Dilihat dari Sudut Pandang Perusahaan dan Pemerintah

9 Desember 2021   05:01 Diperbarui: 9 Desember 2021   05:07 533 47 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Ketika rencana sumber daya manusia mengungkapkan kebutuhan untuk pekerja tambahan, perusahaan perlu membuat banyak pemikiran untuk keputusan. Yang pertama adalah proses rekrutmen dan seleksi, tetapi menambahkan karyawan mungkin bukan cara terbaik untuk menyelesaikan masalah kekurangan tenaga karyawan. 

Alih-alih mempekerjakan karyawan penuh waktu, sebuah perusahaan mungkin bisa lebih tepat untuk mempertimbangkan mempekerjakan karyawan dengan alternative lain, seperti outsourcing atau pekerjaan sementara. Jika ada fluktuasi sementara dalam beban kerja, solusi paling sederhana adalah paruh waktu atau lembur untuk karyawan yang ada. 

Ditambah biaya perekrutan dan seleksi cukup tinggi, dan perekrutan karyawan baru hanya boleh dilakukan setelah mempertimbangkan dengan cermat jika perusahaan mengantisipasi kebutuhan jangka panjang untuk tambahan karyawan. Biaya penggantian supervisor, profesional, dan staf administrasi diperkirakan mencapai 50% hingga ratusan persen karyawan.

Semua perusahaan selalu memiliki proses rekrutmen dan seleksi yang efektif untuk mempertahankan karyawan yang terampil, berpengalaman dan terampil dalam posisi tertentu, tetapi  berjuang untuk menemukan pekerjaan yang tepat untuk karir mereka juga merupakan bentuk apresiasi di dunia kerja yang sangat kompetitif. 

Untuk mencari kandidat karyawan dengan kualitas yang baik, perusahaan harus mampu melakukan proses rekrutmen yang baik. Keuntungan mendapat kandidat yang baik adalah bahwa ia bertindak sebagai "orang yang tepat di tempat yang tepat." 

Ini akan memandu manajer dalam mempekerjakan pekerja untuk perusahaan. Seleksi dalam kata lain memiliki arti sebagai aktivitas pengelolaan atau pengaturan suatu sumber daya manusia agar sesuai kebutuhan dan berlangsung setelah proses rekrutmen selesai, yaitu setelah sejumlah besar pelamar yang memenuhi syarat dan dapat direkrut serta diseleksi menjadi karyawan perusahaan. Prosesnya dimulai dengan melamar pekerjaan lalu hasil akhir keputusan penerimaan.

Rekruitmen itu sendiri adalah rangkaian acara yang dimulai dengan kosongnya suatu posisi sampai suatu perusahaan atau organisasi membutuhkan talenta dan menemukan kandidat yang cocok/berkualifikasi sesuai dengan posisi atau kebutuhan tersebut. 

Oleh karena itu, tujuan rekruitmen adalah untuk mencari kandidat sebanyak mungkin dari berbagai sumber, tergantung pada kualifikasi kebutuhan perusahaan, agar dapat merekrut kandidat dengan kualitas terbaik dari talenta terbaik.

Proses Rekrutmen

Dalam perekrutan atau pemilihan di perusahaan, pelaksanaannya diboleh lalai atau tergesa-gesa, melainkan memiliki proses atau tahapan yang harus dilalui. Hanya melalui tahap perekrutan dan seleksilah perusahaan dapat mengamankan bakat yang dibutuhkannya. Proses perekrutan mencakup beberapa poin penting, antara lain:

1. Mengembangkan Strategi Rekrutmen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan