Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.750 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 26-02-2024 dengan 2.142 highlight, 17 headline, dan 105.962 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Memotivasi Anak untuk Cinta Baca dengan Memberi Teladan

24 Agustus 2022   20:38 Diperbarui: 27 Agustus 2022   10:38 982
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anak-anak membaca buku di bemo perpustakaan di Jalan Karet Pasar Baru Barat II, Tanah Abang, Jalarta Pusat, Jumat (7/12/2018).(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG) 

"Nak, tolong ambilkan satu buku untuk Ms Ari baca, pilih satu di rak buku itu. Terserah kamu mau pilihkan buku yang mana. Terima kasih ya."

Lalu murid saya mengambil satu buku cerita tentang catatan harian laba-laba. Waktu membaca judul tersebut, saya langsung teringat hobi lama saya. Sungguh seperti kebetulan ya. Saya juga suka menulis catatan harian.

Maka mulailah saya membaca dengan keras seorang diri di kursi saya, di depan meja guru. 

Saya menunjukkan ketertarikan pada buku yang saya baca. Gambar-gambar yang ditunjukkan dalam buku juga cukup banyak. Ini diminati anak-anak kecil.

Saat saya membaca dengan antusias, ternyata murid-murid kecil di kelas juga jadi tertarik ingin tahu isi buku yang saya baca. Ingin juga melihatnya. Satu persatu perlahan mendekati saya, ikut melihat dan menikmati isi bacaan tersebut. Sesuai judulnya yang berupa catatan harian, maka dalam buku tersebut ada penulisan tanggal dan bulan. 

Tentu saja agar anak-anak terlibat aktif dalam membaca, saya pun menanyakan hari dan tanggal yang sesuai dengan waktu kami membaca tersebut. Murid-murid saya pun saling bersahutan berlomba memberi tahu saya hari dan tanggal dengan tepat. 

Dokpri
Dokpri

Lalu saya baca kegiatan laba-laba dalam hari yang dimaksud pada buku. Ada informasi tentang cara menghindari hal membahayakan di sekitarnya. Saya pun mengajak anak-anak diskusi, apa yang akan mereka lakukan agar terhindar dari hal-hal membahayakan di sekitar mereka. 

Baca juga: Bahasa Kasihmu

Satu persatu mulai bercerita. Saya dengarkan dan beri beberapa masukan ide yang tepat. Padahal jelas buku yang kami baca membicarakan catatan harian laba-laba, namun pembahasan bisa diarahkan kepada kehidupan sehari-hari anak-anak. Ini membuat mereka tertarik membaca lanjutan buku tersebut. 

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun