Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Membaca, menulis, mendongeng, dan berkebun menjadi kegiatan-kegiatan menarik yang tak henti-hentinya mengisi hari-hari saya. Mari terus menginspirasi sesama dalam karya kita. Salam literasi.

Suka: membaca, mengoleksi buku, menanam bunga, menulis puisi dan kisah lain, mendongeng, dan mengajar.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Singkong, Bahan Pangan Lokal Bernutrisi Pengganti Nasi

23 Februari 2020   12:00 Diperbarui: 23 Februari 2020   12:03 234 27 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Singkong, Bahan Pangan Lokal Bernutrisi Pengganti Nasi
Singkong rebus. Photo by Ari

Singkong termasuk salah satu bahan makanan yang banyak dihasilkan dan dikonsumsi di Indonesia. Singkong mengandung kadar karbohidrat tinggi sehingga bisa dijadikan makanan pengganti nasi. Selain itu singkong ini juga bisa diolah menjadi aneka makanan. Pengolahan singkong mulai dari teknik sederhana seperti direbus dan digoreng hingga diolah menjadi tepung atau keripik singkong. 

Bagian yang bermanfaat lainnya dari tanaman singkong adalah daun singkong. Daun singkong juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber sayuran bergizi. Jika Anda beli masakan padang, biasanya ada sayuran khas yaitu daun singkong rebus. Selain itu juga bisa dijadikan sayuran yang dimasak dengan kuah santan atau yang lainnya. Di kampung, tanaman singkong biasa dijadikan tanaman pagar di tepian rumah.

Ladang singlong di desa. Photo by Ari
Ladang singlong di desa. Photo by Ari
Di kampung tempat saya tinggal ada ladang singkong yang ditanam di tepi sawah. Anak-anak di kampung, biasanya menggunakan tangkai daun untuk membuat aneka mainan. Mulai dari rantai atau kalung. Tapi bukan hal itu yang ingin saya bahas lebih lanjut. 

Mari kita lihat nutrisi apa saja yang ada pada singkong. Singkong yang dikenal sebagai ketela pohon atau ubi kayu, mempunyai nama latin Manihot utilissima.  Tanaman singkong termasuk  perdu tahunan tropika dan subtropika. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat. 

Kandungan nutrisi pada singkong menurut Wikipedia adalah sebagai berikut.

Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi:

  • Kalori 121 kal
  • Air 62,50 gram
  • Fosfor 40,00 gram
  • Karbohidrat 34,00 gram
  • Kalsium 33,00 miligram
  • Vitamin C 30,00 miligram
  • Protein 1,20 gram
  • Besi 0,70 miligram
  • Lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,01 miligram

Sedangkan daun singkong yang banyak dijadikan sayuran pada masakan Sunda dan masakan Padang memiliki nutrisi sebagia berikut

Nutrisi Satuan Kadar

Proteingram6.8Kalsiummg165Fosformg54Besimg2.0Vitamin AIU11000Vitamin Cmg275

Berikutnya saya akan membahas mengenai pengolahan singkong. Saya sudah sebutkan salah satu cara sederhana dengan merebus singkong menjadi singkong rebus seperti gambar ilustrasi artikel ini. Selain itu singkong bisa juga digoreng dan langsung dimakan sebagai singkong goreng. Ini cara mudah lainnya mengolah singkong.

Singkong goreng. Photo by Ari
Singkong goreng. Photo by Ari
Selain dijadikan singkong goreng, biasanya singkong ini setelah digoreng ditambahlan parutan keju dan menjadi singkong keju. Produk ini banyak dijual di pinggir jalan. 

Bagi orang-orang yang lapar, bisa menjadikan singkong sebagai makanan pengganti nasi yang bisa dimakan dengan cepat dan praktis. Setidaknya cukup mengenyangkan untuk jangka waktu cukup panjang. 

Singkong juga bisa diolah menjadi keripik singkong. Masyarakat banyak yang menjadikan keripik singkong sebagai produk andalan sebagai aneka camilan dengan berbagai rasa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x