Mohon tunggu...
Ardya Krisna
Ardya Krisna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Andalas

Saya Ardya Krisna Putra mahasiswa jurusan manajemen dari Universitas Andalas

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Strategi Promosi Bengkel Kharisma Motor Menggunakan Sosial Media

11 Oktober 2022   16:09 Diperbarui: 11 Oktober 2022   16:17 1860
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Dokumentasi oleh Ardya Krisna Putra)

Oleh Ardya Krisna Putra Arfiansyah

(Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas)

Padang, 6 Oktober 2022 

Pemakaian sepeda motor di Indonesia bertumbuh dengan sangat pesat. Hal ini di tunjukan dengan meningkatnya kepadatan pengguna jalan yang semakin hari semakin meningkat yang membuat permintaan akan aksesoris- aksesoris dan spare part motor meningkat dan semakin banyak pelaku usaha yang memilih usaha bengkel sepeda motor dan aksesoris sebagai usaha yang dianggap sangat prospektif. Usaha jual aksesoris dan sparepart sepeda motor menjadi trend yang terus meningkat karena tingginya tingkat permintaan pasar. 

Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan untuk mempromosikan usaha-usaha otomotif adalah dengan menggunakan media sosial. Seiring perkembangan teknologi dan penggunaan media sosial di Indonesia membuat para pelaku usaha memilih media sosial sebagai media promosi untuk menarik minat konsumen agar tertarik dengan produk yang ditawarkan melalui media sosial tersebut.

Salah satu pelaku usaha yang bergerak di bidang aksesoris motor yaitu Kharisma Motor yang beralamat di Jl. Raya Pondok Kopi Padang. Kharisma Motor menawarkan produk seperti aksesoris motor, sparepart motor, dan mereka juga menyediakan jasa servis. Media sosial seperti Facebook dan Instagram membantu Kharisma Motor dalam mempromosikan produk mereka untuk menemukan calon konsumen yang potensial. Selain daripada itu informasi yang disampaikan pada media sosial dapat membantu Kharisma Motor untuk meningkatkan strategi pemasaran dengan meningkatnya jumlah penjualan produk yang dipromosikan pada media sosial yang dimiliki Toko Kharisma Motor.

Strategi promosi yang dilakukan Kharisma Motor adalah dengan memposting ke media sosial produk-produk yang paling disukai oleh konsumen. "Banyak dari pelanggan kami yang setelah melihat postingan-postingan di media sosial kami mengunjungi bengkel Kharisma Motor karena ketertarikan dengan produk-produk yang kami tawarkan di Kharisma Motor ini," ungkap Rio Ternando, manajer yang mengelola Kharisma Motor ini. 

Strategi promosi lainnya adalah membuat konten-konten mengenai produk atau memberikan informasi mengenai produk-produk tertentu agar meyakinkan konsumen dengan tujuan meningkatkan penjualan. Kharisma Motor memanfaatkan media sosial sebagai bentuk promosi dengan membangun kesadaran merek dengan mendesain media sosial menjadi lebih menarik dengan membuat konten yang bernilai dengan membagikan tips penggunaan produk, membuat video tutorial dan membagikan voucher bagi pelanggan yang berbelanja minimal Rp 500.000, dan merekomendasikan kepada orang lain dengan memposting dan memberikan hastag nama Kharisma Motor Padang pada media sosial mereka. Selain daripada memanfaatkan media sosial sebagai media promosi, Kharisma Motor juga menjadi sponsor untuk event-event atau kegiatan yang melibatkan klub -klub motor di Kota Padang.

"Cara kami mendistribusikan produk ke konsumen adalah dengan menawari dan menyiapkan produk yang diminati oleh konsumen dan yang sejenis,"ujar Rio Ternando. Kharisma Motor menawarkan berbagai jenis merk aksesoris motor maupun spare part motor sehingga pelanggan  dapat memiliki opsi dalam hal merk mana yang mereka sukai.

"Efektivitas dari promosi yang dilakukan oleh Kharisma Motor bisa dilihat dari meningkatnya penjualan dari spare part dan aksesoris," ujar sang manajer. Semakin banyak pelanggan yang merekomendasikan Kharisma Motor pada media sosialnya membangun eksistensi yang kuat untuk memaksimalkan soft selling yang mampu menarik perhatian komunitas pecinta motor khususnya motor-motor sport dan motor lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun