Mohon tunggu...
Deni Manarul Hidayah
Deni Manarul Hidayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi Melihat orang Bahagia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Lingkungan Sadar Akan Kebermanfaatan di Desa Tanjungmulya

11 Agustus 2022   10:14 Diperbarui: 11 Agustus 2022   10:38 46 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Universitas Pendididikan Indonesia pada tahun 2022 telah kembali melaksanakan KKN (Kuliah  Kerja Nyata) Dengan mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan Rekognisi MBKM-Purpesnas Kemendikbudristek". Pada tahun sekarang, peserta KKN UPI diikuti sebanyak 7.089 Mahasiswa yang terdiri dari 5.607 Mahasiswa KKN Reguler dan 1.475 Orang KKN Rekognisi, kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) ini berlangsung dilaksanakan pada 11 Juli 2022 - 10 Agustus 2022.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Univiersitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Tasikmalaya pada kelompok 170 dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan Istikhoroh Nurzaman, S.Pd., M.Pd. melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan Tema "Kawasan Pemukiman Aman dan Nyaman" dengan adanya tema tersebut kelompok 170 yang berlokasi di Desa Tanjungmulya Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis melaksanakan suatu program kegiatan dengan banyaknya kontribusi dari berbagai kepala wilayah dusun untuk bisa membantu tercapainya suatu kegaitan.

Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa bisa memahami bentuk keadaan suatu lingkungan di dalam lingkup masyarakat sehingga bisa mencontoh serta mengedepankan kebermanfaatan yang disediakan pada suatu lingkungan. Tentunya banyak hal yang diambil dari kerukunan, sifat kekeluargaan yang ditimbulkan dari kerjasama oleh setiap orangnya.

 

Di desa Tanjungmulya, terdapatnya beberapa kegiatan yang diagendakan dalam mengedepankan tingkat keberhasilan serta kerjasama dalam memaksimalkan  potensi yang dimiliki oleh desa. 

Di mulai dari keberhasilan dalam mengelola sampah, sampah di desa Tanjungmulya, rutin setiap 1 minggu sekali  tepatnya di Dusun Garahang yang sudah memiliki tugu sampah, kemudian di Dusun Landeh  dan Dusun Ciberem yang sudah memiliki masing-masing tugu untuk mengolah sampah masing masing, untuk masing-masing dusun lain yang belum memiliki tugu sampah   masih ikut ke dusun  yang memiliki tugu, untuk pengambilan sampah dari setiap rumah nya, ada petugas yang mengambil dan mengelolanya serta dilakukannya pemilahan sampah oleh petugasnya.

Seperti pada gambar dibawah ini, tepatnya pada tanggal 29 juli 2022 mahasiswa ikut membantu dalam mengambil sampah-sampah  di lokasi tepatnya di Dusun Garahang dalam membantu mengambil beberapa sampah yang sudah dibenahi oleh setiap warga di rumahnya.

Dokpri
Dokpri

Setelahnya mahasiswa ikut membantu dalam membenahi sampah yang sudah diambil dari warga di setiap RT nya dan dilakukannya pemilahan pada sampah yang nantinya dibakar dan sampah yang bisa di jual atau di daur ulang kembali.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan