Mohon tunggu...
Hindawati
Hindawati Mohon Tunggu... Guru - Praktisi Seni dan Edukasi

Praktisi seni, budaya, pendidikan dan peneliti sosial.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Fun and Meaningful Learning: Edufun Festival 2022 dengan Tema Dolanan Anak

29 September 2022   22:04 Diperbarui: 29 September 2022   22:11 242 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok. TGR : Dhea juara 1 & para peserta SiCilik

Belajar adalah sebuah proses pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang terjadi dengan melakukan interaksi secara intensif dengan sumber-sumber belajar. 

Belajar bagi anak yang dilaksanakan dengan cara bermain memberikan kesempatan kepada anak untuk memanipulasi, mengulang-ulang, bereksplorasi, mempraktekkan, dan mendapatkan bermacam-macam konsep. 

Pembelajaran menyenangkan adalah suatu proses pembelajaran yang berlangsung dalam suasana yang menyenangkan dan mengesankan yang dapat menarik minat peserta didik untuk terlibat secara aktif, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai maksimal. 

dok. pribadi : Kak Theresa & Kak Billie Jo
dok. pribadi : Kak Theresa & Kak Billie Jo

Dalam pendidikan non formal dan informal, metode pembelajaran menjadi hal yang sangat penting. Hal ini terlihat dalam serial kegiatan yang diperuntukkan bagi anak-anak PAUD dan Sekolah Dasar di area Alam sutera Tangerang. 

Edufun Festival 2022 digelar selama dua hari, yakni pada tanggal 24 - 25 September 2022 di panggung Futopia Mal @ Alam Sutera, Tangerang, Banten. 

Edufun Festival 2022 diprakarsai oleh Kirbattalent Edu yang dibentuk oleh penyanyi Anthesianz yang lahir dari visinya di dunia pendidikan. Kegiatan ini menilik potensi anak Indonesia dari sisi seni warna dan kreativitas bentuk yang terbagi dalam dua hari. Selain itu, kegiatan ini memperkenalkan permainan tradisi yang baik sebagai pengganti mainan elektorik gawai.

dok TGR: Dolanan Anak/Traditional Games
dok TGR: Dolanan Anak/Traditional Games

Hari pertama, kegiatan diawali dengan lagu dolanan oleh Anthesianz yang diambil dari album Little Dolanan. Topik kegiatannya tentang Face Art, di mana anak-anak akan belajar tentang warna dan menggambar macam-macam bentuk sesuai imajinasinya melalui media Face Painting. 

Sedangkan, para gadis remaja mengikuti kelas kecantikan yang didukung  oleh kak Theresa Beauthee_Me MUA dan tim Viva Cosmetics produk asli Indonesia. Keseruan ini pun dinikmati oleh anak-anak hebat dari Panti Asuhan Pintu Elok Pamulang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan