Mohon tunggu...
SITUMORANG YOSUA
SITUMORANG YOSUA Mohon Tunggu... Akuntan - To celebrate life, to do something good for others

Writing is living in eternity. Your body dead, your mind isn't.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kanjuruhan, You'll Never Walk Alone

4 Oktober 2022   14:29 Diperbarui: 4 Oktober 2022   15:59 177 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

KANJURUHAN, YOU'LL NEVER WALK ALONE

Ini tulisan yang seharusnya saya buat tanggal 8 Maret 2020. Itu adalah hari dimana saya, fans sepakbola sejak kecil, menonton langsung pertandingan sepakbola di stadion. Saya dibesarkan di Jambi, kota dimana atmosfer sepakbola tidak terlalu kental. Kemudian saya berkuliah di Medan. Dan sebagai seorang batak, wajar jika saya menjadi supporter PSMS Medan. PSMS merupakan klub lokal Indonesia yang saya jagokan sampai saat ini. 

Sekarangpun, saya masih mengikuti perkembangan PSMS di Liga 2 Indonesia. Namun ketika berada di Medan, saya juga tidak pernah menonton secara langsung pertandingan sepakbola di Stadion Teladan, homebase PSMS Medan. Penyebabnya, karena saya melihat Stadion Teladan kumuh dan tidak terawat, sehingga saya pun enggan untuk datang langsung.

Kesempatan datang langsung ke stadion terwujud ketika Shopee Liga 1 2020 bergulir. Saya yang sedang bekerja di Malang, tertarik menonton langsung pertandingan kendang Arema FC. Saya bukan pendukung Arema, saya hanya penggemar sepakbola. Dan saya tahu, Arema FC adalah salah satu klub besar di Indonesia, yang tidak hanya sarat prestasi, tapi juga punya basis pendukung yang besar. 

Meski mungkin sulit diketahui secara pasti berapa jumlah Aremania, namun sebagai salah satu klub besar di Indonesia, jumlah suporter Arema adalah salah satu yang terbanyak, sebanding dengan suporter dari klub-klub lain, seperti Jakmania Persija Jakarta, Viking Persib Bandung, atau Bonek Persebaya. 

Selain itu, loyalitas dan fanatisme yang dimiliki Aremania juga terbilang tinggi. Seperti yang terjadi pada saat perayaan ulang tahun ke-35 Arema FC yang jatuh pada tanggal 11 Agustus 2022, dimana ada imbauan dari Pemkot Malang untuk menggunakan atribut Arema FC baik bagi PNS, siswa sekolah, dan masyarakat umum. 

Menurut keterangan dari pihak Pemkot Malang, hal ini dilakukan untuk meningkatkan solidaritas warga di Malang Raya. Ini menunjukkan, bagaimana Arema FC sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat di Malang Raya. Arema FC juga bukan hanya merupakan sebuah klub sepakbola, namun seperti identitas dan simbol sebuah keluarga besar dari sisi selatan Jawa Timur. Arema FC menjadi simbol dan kebanggaan. Malang adalah Arema. Arema adalah Malang.

EKSPEKTASI JAUH DARI REALITA

Ketika kesempatan untuk menyaksikan pertandingan langsung di stadion datang, saya sangat excited. Saya pikir, Arema FC sebagai salah satu klub besar di Indonesia sudah dikelola dengan baik. Mulai dari stadion sampai suporter. Harapan saya, saya bisa mendapatkan pengalaman menonton yang menyenangkan, dari salah satu klub besar di Indonesia, sehingga saya bisa menikmati pertandingan olahraga yang digemari setengah penduduk Bumi dengan luar biasa dan berkesan. 

Apalagi pada saat itu yang menjadi lawan adalah Persib Bandung, klub besar lain yang punya popularitas besar di Indonesia. Tentu akan sangat menyenangkan. Tanpa banyak pertimbangan, saya memutuskan untuk membeli tiket tribun VIP di konter resmi Arema FC yang berlokasi di daerah Klojen Kota Malang, berdua dengan teman saya yang merupakan salah satu anggota komunitas suporter PSMS Medan.

Bayangan saya tentang tribun VIP sirna ketika saya sampai di stadion dan mendapati tidak ada nomor bangku yang tertera. Semua orang duduk sedapatnya. Bahkan ada yang duduk di anak tangga, berdiri-berdiri di lorong antar bangku. Panitia yang berjaga juga tidak terlalu ketat memeriksa tiket, sekedarnya saja. Bahkan, di akhir-akhir pertandingan, ada penonton dari tribun lain yang menerobos masuk ke tribun VIP. Sepertinya mereka anggota suporter dari tribun khusus yang disediakan untuk kelompok suporter, seperti tribun selatan atau tribun utara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan