Lihat ke Halaman Asli

Sucahya Tjoa

TERVERIFIKASI

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Trio Perjalanan Luar Angkasa Shenzhou 13 Salah Satu Taikonot Wanita

Diperbarui: 21 September 2021   09:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: China Daily

Beberapa hari lalu (17 September 2021) rakyat Tiongkok menyambut dengan sangat antusias dan gembira atas keberhasilan sempurna dan selamat membawa pulang kembali 3 orang Astronot/Taikonot kembali ke bumi, setelah 90 hari berada di stasiun angkasa Taihe Tiongkok. (Astronot adalah awak pesawat yang terbang ke luar angkasa (NASA), Soviet/Russia menyebutnya Cosmonaut, kini Tiongkok menyebutnya sebagai Taikonot). Baca:

Peluncuran Pesawat Ruang Angkasa Berawak Shenzhou 12 Sukses Sempurna

https://www.kompasiana.com/makenyok/60cb46abbb44861420792022/peluncuran-pesawat-ruang-angkasa-berawak-shenzhou-12-sukses-sempurna

Peristiwa ini menandai kesimpulan yang sukses dari misi awak pertama di tahap pembangunan stasiun ruang angkasa negara itu.

Modul Shenzhou-12 kapsul untuk kembali ke bumi dipisahkan dari modul yang mengorbit pada pukul 12:43 pada hari Jumat (17 Sept), dan kemudian diikuti oleh pemisahan yang mulus dari propelan, menurut Badan Antariksa Berawak Tiongkok (CMSA/China Manned Space Agency).

Membawa tiga awak, komandan misi taikonot Nie Haisheng, dan rekan-rekan awaknya Liu Boming dan Tang Hongbo-kapsul kembali mendarat di lokasi pendaratan pada pukul 13:34.

Misi yang akan datang

Dengan keberhasilan Shenzhou 12, selanjutnya Tiongkok akan melakukan dua peluncuran ruang angkasa lagi untuk pembangunan stasiun ruang angkasanya sendiri tahun ini - pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou-3 melalui roket pembawa Long March-7 dari pelabuhan ruang angkasa Wenchang di Hainan dan penerbangan berawak lainnya pada pesawat ruang angkasa Shenzhou-13 melalui Roket Long March-2F dari pusat Jiuquan.


Pejabat CMSA memperbarui berita pada hari Kamis mengatakan bahwa kombo roket Tianzhou-3 dan Long March 7 Y4 telah diluncurkan ke landasan peluncuran di Wenchang dan akan lepas landas pada waktu yang tepat. Misi Tianzhou-3 akan menjadi pasokan logistik kedua misi pengiriman ke modul inti Tianhe menyusul yang pertama oleh Tianzhou-2 pada 29 Mei.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline