Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Peluncuran Pesawat Ruang Angkasa Berawak Shenzhou 12 Sukses Sempurna

17 Juni 2021   19:57 Diperbarui: 17 Juni 2021   20:33 545
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: xinhuanet.com

Menurut Kantor Berita Xinhua, Jiuquan, Gansu, 17 Juni, China Manned Space Engineering Office (Kantor Teknik Luar Angkasa Berawak Tiongkok), pada 9:22 pada 17 Juni 2021, waktu Beijing, Shenzhou 12 Pesawat ruang angkasa berawak Roket Pengangkut Long March 2 F Yao 12 dinyalakan dan diluncurkan tepat waktu di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan, sekitar 573 detik kemudian, pesawat ruang angkasa berawak  Shenzhou 12 berhasil lepas dari roket dan memasuki orbit yang dijadwalkan, berhasil membawa tiga astronot Nie Haisheng, Liu Boming, dan Tang Hongbo untuk dikirim ke stasiun luar angkasa, awak pesawat dalam kondisi baik, dan peluncuran sukses sempurna.


Kesan 3 Para Astronot Dalam Penerbangan Ini

Nie Haisheng mengatakan: Saya membutuhkan waktu hampir 8 tahun sejak memasuki batalion astronot PLA pada tahun 1998 hingga menjalankan misi Shenzhou VI dengan Fei Junlong pada tahun 2005. Ketika saya terbang ke luar angkasa untuk pertama kalinya, saya sungguh sangat menantikannya.

8 tahun kemudian, pada tahun 2013, Zhang Xiaoguang, Wang Yaping dan saya melakukan misi Shenzhou 10, melakukan tugas-tugas seperti pertemuan manual dan docking. Meskipun suasana hati saya lebih tenang daripada ketika saya pertama kali terbang, saya masih sangat bersemangat.

Hari ini, 8 tahun kemudian, saya akan melakukan penerbangan ketiga saya ke luar angkasa. Ini adalah penerbangan berawak pertama kami setelah memasuki tahap stasiun luar angkasa, kami beruntung dapat memulai sebagai pemegang "tongkat pertama", dan ada banyak harapan baru. Penerbangan kali ini akan memakan waktu lebih lama. Kami tidak hanya akan mengatur modul inti, "rumah luar angkasa", tetapi juga melakukan serangkaian verifikasi teknologi utama. Tugasnya lebih berat dan tantangannya lebih banyak.

Sebagai komandan, saya akan bersatu dan memimpin kru, menerapkan dengan ketat dan hati-hati, dan berusaha untuk mengatasi semua kesulitan. Dengan restu dari rakyat di seluruh negeri, dukungan dan usaha dari seluruh proyek, dan landasan kokoh yang diletakkan melalui pelatihan, kami memiliki tekad, keyakinan, dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas ini.

Liu Boming mengatakan: Misi terbang pertama adalah pada tahun 2008 dengan rekan-rekan saya Zhai Zhigang dan Jing Haipeng terbang ke luar angkasa dengan Shenzhou VII, yaitu 13 tahun yang lalu.

Dalam 13 tahun terakhir, kita masing-masing telah mempersiapkan "perang" dengan tegang, berpegang pada impian kita, dan berjuang untuk misi kita; dalam 13 tahun terakhir, astronot Tiongkok telah mengubah mimpi menjadi kenyataan selangkah demi selangkah, dan saya juga mengejar mimpi untuk terus bertumbuh dalam perjalanan.

13 tahun pelatihan yang gigih, 13 tahun kerja keras yang gigih, 13 tahun antisipasi yang penuh semangat, kejutan penerbangan terakhir tampaknya masih di depan mata, dan saya akan kembali ke ruang angkasa yang luas dan meniggalkan sementara tanah air yang indah. Saya akan bekerja keras untuk menyelesaikan semua tugas yang telah saya atur, dan mengirim kembali data pengujian yang diperoleh, untuk memenuhi misi dan harapan yang tinggi.

Tang Hongbo mengatakan: Ini penerbangan pertama saya, suatu kehormatan. Pada saat yang sama, saya bahkan lebih menantikan untuk melihat pemandangan luar angkasa yang indah sambil menyelesaikan misi.

Saya terpilih sebagai pilot pada tahun 1995 dan astronot pada tahun 2010. Meskipun hanya ada satu perbedaan kata antara penerbangan dan kedirgantaraan, menyelesaikan transisi ini adalah pengalaman yang sulit dan tak terlupakan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun