Lihat ke Halaman Asli

Gramedia Official

TERVERIFIKASI

Tempat kamu mencari buku 📚

11 Pengertian Hukum Menurut Para Ahli yang Perlu Kamu Ketahui!

Diperbarui: 7 Desember 2022   16:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: freepik

Masing-masing negara mempunyai hukum yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dengan kebijakan dari setiap masing-masing negara itu sendiri untuk rakyatnya, karena setiap negara berbeda-beda.

Pada dasarnya, tujuan hukum adalah untuk mengatur apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan. Selain itu, hukum juga berfungsi untuk menyelesaikan perselisihan, memerintah, serta menghukum.

Hukum memainkan sebuah peranan yang sentral di dalam segala bidang, mulai dari politik, sosial, budaya, sampai ke ekonomi. Menurut Plato, hukum adalah suatu sistem peraturan yang teratur dan tersusun dengan baik yang mengikat hakim dan masyarakat. 

Secara umum, hukum merupakan peraturan yang berupa norma serta sanksi yang dibuat untuk mengatur segala tingkah laku manusia. 

Tujuan hukum secara umum adalah untuk mengatur pergaulan hidup manusia secara damai. Terdapat banyak pengertian hukum menurut para ahli hukum.

Pengertian Hukum Menurut Ahli

Sumber: pinterest

1. Aristoteles

Aristoteles merupakan seorang filsuf Yunani terkenal. Aristoteles mendefinisikan bahwa hukum terbagi menjadi dua, yaitu tertentu dan hukum universal.

Dilansir dari Law Explorer, hukum tertentu merupakan aturan yang menetapkan atau melarang berbagai jenis Tindakan. Sedangkan hukum universal adalah hukum alam yang mempunyai keteraturan dan pengarahan internalnya sendiri.

2. Van Apeldoorn

Hukum merupakan suatu gejala sosial. Tidak ada masyarakat yang tidak mengenal hukum, maka hukum menjadi suatu aspek dari kebudayaan seperti agama, kesusilaan, adat istiadat, dan kebiasaan.

3. Immanuel Kant

Hukum adalah keseluruhan syarat berkehendak bebas dari orang untuk bisa menyesuaikan diri dengan kehendak bebas dari orang lain, dengan mengikuti peraturan mengenai kemerdekaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline