Mohon tunggu...
Amir Mahmud Hatami
Amir Mahmud Hatami Mohon Tunggu... Aku Berpikir, Maka Aku Kepikiran

Menemukan sebelah sepatu kaca di jalanan. Siapa tahu, salah satu dari kalian kehilangan!

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Jalan Panjang Menuju Mandalika

3 Maret 2021   20:27 Diperbarui: 4 Maret 2021   21:59 571 16 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jalan Panjang Menuju Mandalika
Pantai Tanjung Aan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI via KOMPAS.com)

Menjadi salah satu impian saya sedari dulu (saat masih dibangku SMA), mengeksplorasi daerah yang namanya diambil dari nama seorang puteri yang konon memiliki wajah cantik jelita. Puteri tersebut bernama Mandalika.

Jika kita cari tahu melalui GPS, maka kita akan ditunjukkan ke sebuah pulau yang terkenal memiliki keindahan dan kekayaan alam berlimpah. Pulau tersebut tidak lain berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Untuk menuju ke Lombok dari titik awal keberangkatan saya, Jakarta. Kira-kira menghabiskan waktu 2 hari 3 malam, jika ditempuh melalui lintas darat lalu disambung dengan lintas laut.

Sedangkan waktu tempuh menggunakan lintas udara akan lebih efisien, yakni hanya sekitar 1 jam setengah (rute langsung, tanpa transit).

Karena kita menginginkan sensasi petualangan, perjalanan harus diawali dengan kereta api sebagai alat transportasi lintas Jawa, yang selanjutnya beralih ke bus dan kapal laut untuk lintas Bali-Lombok.

Selanjutnya yang harus kita lakukan ialah mencari informasi mengenai jadwal kereta api yang memiliki rute Stasiun Pasar Senen tujuan akhir Stasiun Surabaya Gubeng, melalui aplikasi pembelian tiket.

Informasi tersebut penting untuk diketahui bagi seorang petualang amatir. Sebab, kalkulasi untuk anggaran perjalanan tidak boleh salah ataupun keliru, karena dapat menimbulkan masalah selama berwisata semisal; uang habis atau kurang ketika di perjalanan, dsb.

Di samping itu, diwajibkan juga membawa perlengkapan seperti masker, hand sanitizer, dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jika tidak, bisa-bisa bukannya sampai di Mandalika, malah hanya tinggal nestapa.

Untuk menuju Stasiun Pasar Senen, mula-mula saya harus berjalan kaki selama 5 menit menuju jalan raya untuk dapat mengakses Mikrolet M32, yang akan melewati Stasiun Jatinegara. Tarif untuk perjalanan jarak dekat yakni, sebesar Rp 4000. Berhubung saya tinggal di Cipinang, Jakarta Timur, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 5 menit atau 10 menit (jika dalam keadaan macet). Setelah tiba di Stasiun Jatinegara, saya dapat langsung tap in karena sudah memiliki kartu Multi Trip. 

Jika belum memiliki kartu Multi Trip, kita dapat membeli terlebih dahulu kartu Single Trip di loket stasiun dengan menyebutkan stasiun tujuan kepada petugas loket.

Tarif yang dikenakan untuk menuju Stasiun Pasar Senen yakni, sebesar Rp 3000, ditambah membayar jaminan kartu sebesar Rp10.000 (kartu dapat ditukar dengan uang kembali setelah tap out di stasiun tujuan). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x