Mohon tunggu...
Ambae.exe
Ambae.exe Mohon Tunggu... .

Computer Application, Maintenance and Supplies

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Wakil Ketua Sementara DPRD Bantaeng Berharap Butir Pancasila Kembali Dibudayakan

1 Oktober 2019   17:07 Diperbarui: 1 Oktober 2019   17:53 89 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wakil Ketua Sementara DPRD Bantaeng Berharap Butir Pancasila Kembali Dibudayakan
Pratita Nareswari Putri Wijaya membaca Ikrar (01/10/19). | dokpri

Bantaeng. Pancasila sebagai dasar negara memiliki Lima Sila yang memuat kandungan penghayatan dan pengamalan dalam 45 butir berdasarkan TAP MPR Nomor XVIII/MPR/1998.

Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Bantaeng, Pratita Nareswari Putri Wijaya berharap agar ke-45 butir Pancasila itu kembali dibudayakan di masyarakat terutama di lingkungan sekolah sebagai ujung tombak untuk mencetua generasi muda.

"Saya rasa perlu dibudayakan kembali karena kita lihat situasi negara Indonesia saat ini lumayan berbagai macam masalah. Jadi kita harus memulai dari pendidikan yang sejak dini untuk adik-adik kita", tegasnya kepada AMBAE di Pantai Seruni Bantaeng, Selasa (01/10/19).

Gadis cantik nan energik berusia 25 tahun yang duduk di kursi Legislatif ini menginginkan agar Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4) diajarkan lagi di bangku sekolah baik SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama) maupun SMA (Sekolah Menengah Atas).

Bahkan sebaiknya diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat setelah memahami dan memaknainya dengan jelas. Betapa tidak kata Tita, landasan bernegara ini merupakan pedoman dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara di negeri Merah Putih ini.

Sebelumnya TAP MPR Nomor II/MPR/1978 menetapkan butir-butir Pancasila hanya berjumlah 36, kemudian diperbaharui di tahun 1998. Ke-45 butir itu disusun dan ditetapkan dengan tujuan utama supaya Pancasila lebih mudah dipahami, dimaknai serta dapat diamalkan masyarakat Indonesia.

Pratita Nareswari Putri Wijaya (kanan) mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. | dokpri
Pratita Nareswari Putri Wijaya (kanan) mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. | dokpri
45 butir pedoman dimaksud, tak lain adalah penjabaran kelima sila di dalam Pancasila. Terdiri dari 7 butir pada Sila Pertama, 10 butir di Sila Kedua, 7 butir di Sila Ketiga.

Berikutnya 10 butir dalam Sila Keempat dan 11 butir lainnya merupakan penjabaran dari Sila Kelima Pancasila. Tita dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Daerah Pemilihan (Dapil ) Bantaeng I (Kecamatan Bantaeng dan Kecamatan Eramerasa) itu lanjut menyampaikan bagaimana semua elemen masyarakat berperan aktif menjadikan Pancasila sebagai dasar berkehidupan sebagai Warga Negara Indonesia yang baik.

Terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjadi target prioritas pembangunan oleh Pemeritahan Kabupaten Bantaeng hingga tahun 2023, dirinya optimis hal itu bisa diwujudkan dan terua ditingkatkan.

"Sejak kepemimpinan Bapak Nurdin Abdullah sampai kepemimpinan Bapak Ilham Azikin, Saya rasa SDM khususnya anak muda harus terus diperbaiki", ujarnya.

Salah satu caranya dengan senantiasa membuka peluang serta mensupport anak muda untuk melaksanakan serangkaian kegiatan bernilai positif. Tentunya melibatkan anak muda itu sendiri dengan segenap kreatifitas yang dimiliki.

Sebuah harapan yang sejalan dengan arah kebijakan Pemerintah Kabupaten Bantaeng dibawah komando H Ilham Azikin dan H Sahabuddin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng. Dimana pengembangan SDM menjadi fokus karena infrastruktur Bantaeng hingga kini dinilai sudah baik. (AMBAE)


salam #AMBAE

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x