Mohon tunggu...
Alex YozaPratama
Alex YozaPratama Mohon Tunggu... Public Relations Student in President University

Helloo its me alex!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sosial Media, Mahabharata Muda Harus Bersuara!

26 November 2019   21:35 Diperbarui: 26 November 2019   21:40 39 0 0 Mohon Tunggu...
Sosial Media, Mahabharata Muda Harus Bersuara!
Workshop Mahabharata Ing Internet (dok. pribadi)

Yogyakarta, 26 November 2019 -- Dalam rangka merespon isu yang sedang hangat akhir-akhir ini, di beberapa lingkup media terkait isu perubahan iklim yang sangat signifikan. Maka dari itu, Mahabharata Ing Internet diadakan dan dimulai dari Kota Yogyakarta.

Mahabharata Ing Internet menyuarakan kepada Milenial, yang semakin hari semakin aktif menggunakan media massa untuk menyuarakan pendapat dan 'meng-influence' pengikutnya agar sadar dan berbuat lebih terkait isu perubahan iklim melalui acara ini.

"Jika kita ingin memulai sebuah kampanye, semua diawali oleh 'orang gila' yang mencanangkan sesuatu ide," jelas Abhirama S.D. Perdana,S.Pd., M.Ed., MComn&MediaSt.,  Dosen Ilmu Komunikasi President University dan Direktur Eksekutif ASCAdemia.

Beliau meyakini akan besarnya dampak dari media sosial yang bisa menjangkau massa sangat besar, asal sang pemimpin atau sosok leader bisa percaya dan mau merangkul "PENGIKUT PERDANA" nya serta jangan hanya bertahan di level edukasi dan peningkatan kesadaran saja, tetapi harus bisa mempertahankan segala pergerakan yang ada.

Abhirama S.D. Perdana,S.Pd., M.Ed., MComn&MediaSt. juga selalu menekankan akan 5 aspek yang biasa dikenal dengan SMART (Specific, Measureable, Achieveable, Relevant, dan Time-bond).

Di poin Specific, kriteria tujuan haruslah jelas, terfokus, dan lebih jelas targetnya untuk siapa. Untuk Measureable, segala bentuk kegiatan kedepannya haruslah dapat diukur setiap proses dan terlihat hasilnya, apakah mengalami peningkatan atau malah sebaliknya. Achieveable, bermaksud apakah semua ide gagasan itu realistis, sesuai dengan circuit of culture nya.

Selanjutnya, ada poin Relevant, mampu kah timmu relevan untuk mengerjakan dan melanjutkan kegiatan ini sampai akhir. Dan terakhir ada Time-Bond, menentukan rentan waktu dalam mengerjakan kegiatan ini.

Abhirama S.D. Perdana, S.Pd., M.Ed., MComn&MediaSt., Pemateri workshop Mahabharata Ing Internet (dok. pribadi)
Abhirama S.D. Perdana, S.Pd., M.Ed., MComn&MediaSt., Pemateri workshop Mahabharata Ing Internet (dok. pribadi)

Acara Mahabharata ing Internet ini diawali dengan talkshow dari empat pembicara dengan latar belakang yang sama, yaitu organisasi kepemudaan yang memiliki tujuan untuk menjangkau seluruh elemen masyarakat dengan melalui kaum muda millenial.

Dan agenda selanjutnya, langsung dilanjutkan dan diakhiri pula oleh dosen-dosen Ilmu Komunikasi President University, Mohammad Shihab, S.I.Kom, M.I.Kom dan Abhirama S.D. Perdana,S.Pd., M.Ed., MComn&MediaSt., yang menjelaskan tentang Influencer dan SEO (Search Engine Optimalization).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN