Mohon tunggu...
Atanasius Alvyn Herikusuma
Atanasius Alvyn Herikusuma Mohon Tunggu... Mahasiswa - 180906740

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Memahami Pengaruh Buzzer di Media Sosial bagi Pelaku Jurnalisme Multimedia

26 Oktober 2021   01:58 Diperbarui: 26 Oktober 2021   02:21 72 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Arus globalisasi dan kemajuan teknologi informasi komunikasi di era digital tidak dapat terbendung dan mempermudah kehidupan manusia pada berbagai aspek. 

Kelahiran berbagai macam teknologi dan ilmu pengetahuan manusia yang semakin terdepan menjadi pendorong perubahan-perubahan pada kehidupan manusia sehingga dapat memunculkan berbagai macam era baru khususnya era digital. 

Perubahan pada era industri dan bagaimana cara manusia dapat saling berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain menjadi awal dari kelahiran berbagai macam platform pada media digital di tengah arus globalisasi ini. 

Teknologi seperti handphone, gadget, hingga komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet juga memainkan peran penting dalam perubahan teknologi informasi komunikasi.

Pengguna media sosial di Indonesia sendiri dapat dikatakan berada pada tingkat yang tinggi, dimana pada temuan We Are Social, bersama dengan Hootsuite dalam laporannya di Digital Around The World 2019, yang mengatakan bahwa terdapat hampir 150 juta pengguna media sosial di Indonesia dengan tingkat penetrasi mencapai 49 persen pada bulan Januari 2019. 

Melalui temuan dan laporan tersebut, masyarakat Indonesia sangat meminati untuk menggunakan platform media sosial yaitu youtube, facebook, instagram dan twitter dari berbagai kalangan umur (Fahmi, 2019). 

Tingkat pengguna yang tinggi membuat platform media sosial dimanfaatkan untuk berbagai macam kepentingan dan tujuan tertentu, karena melalui media sosial memungkinkan penggunanya untuk menjadi lebih interaktif antar sesama pengguna dan saling bertukar pikiran. 

Jika membahas mengenai kepentingan dan tujuan tertentu dengan memanfaatkan media sosial, tentu hal ini tidak terlepas dengan istilah buzzer. Istilah ini sudah tidak asing lagi untuk didengar di era digital khususnya oleh para pengguna media sosial. Buzzer secara tidak langsung sudah menjadi bagian dari media sosial dan hadir ditengah-tengah pengguna media sosial.       

Buzzer Di Platform Media Sosial

sumber : socialmediabuzzplan.com
sumber : socialmediabuzzplan.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan