Mohon tunggu...
Alvira Asri Purba
Alvira Asri Purba Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi PAI UIN-SU

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kaitan Mahasiswa dan Pancasila dengan Norma dan Aturan

12 Desember 2019   20:00 Diperbarui: 12 Desember 2019   20:07 39 0 0 Mohon Tunggu...

Pancasila merupakan Ideologi Bangsa dan Negara yang memiliki konsep yang sudah ditetapkan di dalam UUD 1945. Biasanya Pancasila digunakan untuk melesaikan persoalan yang fundmentan dan aktual. 

Pancasila adalah Ideologi yang tidak akan pernah usang dan ketinggalan zaman.
Pancasila menempati kedudukan tertinggi bagi negara Indonesia karena Pancasila merupakan Ideologi Negara yang harus dihormati dan dijunjung tinggi bagi semua manusia yang menempati daerah tersebut. 

Nilai-nilai pancasila juga mencakup tentang kehidupan berbangsa dan bernegara. Manusia dan Pancasila merupakan suatu kesatuan yang saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan, karena isi dan kandungan Pancasila mengandung nilai-nilai yang berlaku bagi manusia. Selain itu, Pancasila juga berfungsi untuk mengayomi, membimbing, melindungi serta mengarahkan manusia menjadi manusia yang memiliki nilai-nilai Pancasila dan dapat menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan bersosial dan bermasyarakat.

Sebagai seorang mahasiswa sudah seharusnya menjunjung tinggi, mengamalkan, serta memahami makna dan nilai-nilai Pancasila. Mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang taat akan aturan yang berlaku, termasuk taat terhadap nilai-nilai Pancasila. Mahasiswa bukan hanya sekedar menuntut dan meraih ilmu saja, tetapi mahasiswa juga diharapkan mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat selama proses belajar untuk dapat menyelesaikan permasalahan didalam kehidupan masyarakat dan lingkungan sekitar.

Dalam pendidikan Pancasila bagi mahasiswa, diharapkan setiap mahasiswa mampu berpikir kritis dan tidak mudah dipengaruhi oleh kemajuan zaman dan berita yang belum benar kepastiannya. Disinilah tampak jelas pentingnya nilai-nilai pancasila bagi mahasiswa.  Pancasila juga dapat memunculkan pemikiran-pemikiran atau ide-ide baru dari berbagai dimensi kehidupan. Serta Pancasila diharapkan mampu menambahkan pemahaman mahasiswa mengenai Ideologi negara terkait kejuan zaman, namun tetap berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila dan kegiatan positif. Konten dan narasi sosial media harus mencakup nilai-nilai Pancasila, Kebangsaan, Kebhinekaan, integrasi sosial, serta memperkuat dan mempertebal rasa nasionalisme.

Pancasila merupakan Ideologi Bangsa dan Negara. Secara etimologi, Ideologi berasal dari kata idea dan logos. Idea berarti gagasan, kosep, pengertian dasar, dan cita-cita sedangkan logos berarti ilmu. Sedangkan secara terminilogi, ideologi berarti keseluruhan prinsip atau norma yang berlaku dalam suatu masyarakat.
Sebagai mahasiswa, sudah seharusnya memahami serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Apabila setiap mahasiswa sudah mengamalkan nilai-nilai pancasila tersebut, maka generasi muda akan mengalami perubahan dalam bersikap, berfikir, serta mengambil keputusan.

Dalam penerapannya, mahasiswa menerapkan nilai-nilai Pancasila tidak hanya di lingkungan kampus saja, tetapi di lingkungan rumah, masyarakat, tempat kost, tempat umum, dan dimana saja. Dengan berlandaskan pada nilai Pancasila, diharapkan mahasiswa memiliki adab yang baik bukan hanya kepada orang yang dikenalnya saja tetapi kepada orang-oang yang baru dijumpainya.

Penerapan nilai-nilai Pancasila dilakukan kapan saja dan kepada siapa saja. Baik saat mahasiswa berada di lingkungan kampus untuk belajar maupun di luar lingkungan kampus, diperlukannya penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap mahasiswa harus mematuhi nilai serta fungsi Pancasila karena Pancasila merupakan pengarah manusia terkhusus mahasiswa dalam bersikap dengan dibatasi norma-norma dan aturan-aturan yang berlaku yang dipastikan merupakan sesuatu yang bersifat mendorong mahasiswa untuk lebih baik lagi dalam bersikap. Dengan adanya Pancasila, mahasiswa juga akan memiliki semangat juang yang tinggi untuk membela Negaranya.

Penerapan Nilai-nilai Pancasila dimulai oleh diri mahasiswa itu sendiri, terutama kesadaran dalam pengamalannya dalam kehidupan sehari hari karena Pancasila memiliki norma serta aturan yang harus dihormati dan dijunjung tinggi. Dengan adanya Pancasila, akan menjadikan negara Indonesia negara yang maju serta masyarakatnya akan menjadi masyarakat yang madani.

Pancasila memiliki fungsi dan peranan yang luas bagi masyarakat berbangsa dan bernegara. Fungsi Pancasila akan terus berkembang karena Pancasila merupakan ideologi terbuka yang dapat digunakan dalam seriap zaman asalkan tidak bertentangan dengan nilai nilai Pancasila. Makna Pancasila yang sangat luas dalam kehidupan bermasyarakat, bangsa dan bernegara  dapat diketahui dari fungsi dan peranan Pancasila.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN