Mohon tunggu...
Ajeng Ayu Wulaningtyas
Ajeng Ayu Wulaningtyas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 21107030021

Sedang belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kulineran di Jalan Urip Sumoharjo - Ada Ice Cream Durian Legend

28 Mei 2022   21:33 Diperbarui: 28 Mei 2022   21:40 1594
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jajanan depan Toko Gardena Jalan Urip Sumoharjo / Dokpri

Jalan-jalan ke Yogyakarta, tidak lengkap rasanya bila belum mencicipi berbagai kulinernya. Mulai dari kuliner khas Jogja seperti gudeg dan bakpia, sampai jajanan kaki lima yang ada hampir disetiap sudut kota.

Apalagi dua tahun telah berlalu semenjak pandemi. Pastinya sektor kuliner sudah kembali pulih seperti biasa. Kali ini, saya akan mengajak kompasianer untuk jalan-jalan kuliner di salah satu spot jajanan kaki lima yang sudah ada sejak lama di Kota Jogja.

Di sepanjang jalan urip sumoharjo, kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Kurang lebih 2 km ke arah timur dari tugu Jogja. Kompasianer dapat menemukan deretan pedagang kaki lima yang menjual aneka jajanan dengan harga yang tergolong ramah di kantong dan rasa yang sudah pasti enak.

Jajanan yang disajikan sangat beragam. Kompasianer bisa menemukan lumpia rebung, martabak mini, terang bulan mini, singkong keju, tahu crispy, siomay, kue pukis, kue leker, bakpao, sampai ice cream durian legend yang sudah ada sejak tahun 90-an.

Spot kulineran yang paling terkenal di jalan urip sumoharjo yaitu di depan toko Gardena. Ini kali kedua saya berkesempatan jelajah kuliner disini. Saat pertama kali kesini, saya datang hanya dengan berjalan kaki. Karena letaknya yang tidak jauh dengan kost tempat saya tinggal.

Kue leker, jajanan pertama yang saya coba. Rasanya renyah, ukurannya besar. Ada berbagai varian rasa yang harganya Rp3.000/pcs. Saya mencoba rasa coklat pisang susu dan coklat keju susu. Kue leker ini masih hangat, tanda bahwa baru saja diangkat dari pemasak. Rasanya manis, karena harganya tergolong murah untuk ukuran yang lumayan besar, pantas saja jika hanya mendapat beberapa potong pisang. 

Berikutnya saya membeli bakpao rasa coklat, lokasinya masih sepanjang jalan urip sumoharjo. Tapi tidak di depan toko gardena, melainkan jarak kurang lebih 3 menit ke arah timur dengan berjalan kaki di sepanjang trotoar. Tekstur bakpaonya lembut, coklatnya pas tidak pelit dan tentunya masih hangat. Harganya standar yaitu Rp6.000/pcs.

Kue Pukis Bangka Jos / Dokpri
Kue Pukis Bangka Jos / Dokpri
Kali kedua saya berkunjung, saya mencoba kue pukis Bangka Jos. Dengan harga Rp3.000 kompasianer sudah bisa merasakan lembut dan manisnya kue pukis ini. Tersedia beraneka ragam rasa, ada rasa coklat meses, coklat cocoa, nanas, pandan, kacang, keju, pisang raja, dan original. Karena saya suka coklat, tentu saja saya memilih rasa coklat, tepatnya coklat cocoa.

Tips ketika ingin kulineran disini, kompasianer bisa membeli jajanannya satu biji saja tiap jajanan. Agar bisa merasakan tiap jajanannya. Karena saya juga membelinya hanya satu biji, saya membawa wadah sendiri dari rumah agar tidak menyisakan sampah pembungkus makanan.

Lumpia rebung / Dokpri
Lumpia rebung / Dokpri
Jajanan yang ada di jalan urip sumoharjo ini rata-rata jajanan manis. Salah satu yang popular adalah lumpia rebung Bu Tatik khas Semarang. Beruntung saya tidak perlu mengantri lama untuk mendapatkannya. Karena saat pertama kali saya kesini, antriannya sangat panjang. Padahal masih banyak gerobak lumpia rebung yang lain, menandakan bahwa lumpia rebung Bu Tatik menjadi incaran para pengunjung. 

Lumpia Rebung Bu Tatik / Dokpri
Lumpia Rebung Bu Tatik / Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun