Mohon tunggu...
Sahesti Sri Wulandari
Sahesti Sri Wulandari Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Mahasiswi prodi Pendidikan Sejarah Universitas Kristen Satya Wacana. Content Writer, Part- Time Teacher, Voice Over.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Jalan-Jalan Sejarah di Monumen Palagan Ambarawa

16 Maret 2024   14:42 Diperbarui: 16 Maret 2024   14:46 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Monumen Palagan Ambarawa merupakan sebuah tugu sejarah yang didirikan untuk mengenang jasa para pahlawan yang berjuang pada pertempuran Ambarawa bulan Desember tahun 1945. Monumen ini memiliki tinggi 17 Meter, panjangnya 45 meter dan bentangan mundur 8 meter yang memiliki makna tanggal kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu 17 Agustus 1945. Di monumen ini terdapat lambang Pancasila, Lambang TNI, 3 prajurit atau ajudan berani mati Sudirman, patung Isdiman dan patung Gatot Subroto. 

Selain monumen juga terdapat museum. Museum ini diprakarsai oleh Ir. Soeharto. Museum ini diberi nama museum Isdiman. Isdiman adalah ajudan strategi perang Sudirman. Museum ini didirikan untuk memperingati pertempuran Jogja- Magelang- Ambarawa- Semarang pada bulan September- Desember 1945. Pada saat pertempuran tanggal 20 November Isdiman gugur di kecamatan Jambu sehingga didirikan tugu monumen letkol Isdiman di halaman sekolah dasar negri Sudirman Ambarawa. Setelah Isdiman gugur,  Sudirman dari Purwokerto beserta Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan pejuang-pejuang Sudirman melanjutkan pertempuran dengan menggunakan teknik sumpit udang selama 3 hari pertempuran. 

Pada saat pertempuran berlangsung, masyarakat sekitar juga turut andil dengan cara membuat dapur umum. Hingga akhirnya Sudirman berhasil memenangkan pertempuran dan berhasil memukul mundur lawan sehingga mereka pulang ke negara asal melalui pelabuhan Tanjung Mas Semarang.  

Jika berkunjung ke tempat ini maka kita dapat menyaksikan barang-barang peninggalan yang dipakai untuk berperang kala itu seperti Lokomotif uap dari Jerman, truk Amerika Serikat, Tanksquad buatan Amerika dan Inggris juga Pesawat Cocor Merah atau Mustang P51 dan ada juga meriam gunung. 

1. Lokomotif Uap

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Lokomotif Uap ini didatangkan dari Jerman. Awalnya digunakan untuk mengangkut rempah-rempah. kereta ini dibawa ke Indonesia setelah perang dunia 1. Konon, lokomotif iniiiilah menjadi tempat pertemuan Sudirman dan Siti Maslufah. Sudirman akhirnya melabuhkan hatinya untuk Siti maslufah dan menjadikan Siti Maslufah menjadi istrinya. 

2. Truk  dari Amerika Serikat 

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

Truk ini mampu membawa satu grup yang berisi 20 orang. Truk ini awalnya berjumlah 200 unit truk ini hanya tertinggal lima unit, 2 unit di Ambarawa , 1 Unit di Jakarta dan 2 lainnya sudah lapuk. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun