Mohon tunggu...
AHMAT NURDIN
AHMAT NURDIN Mohon Tunggu... Pendidik

Organisasi dan komunitas

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Lemhanas dan LDII Sepakat, Lingkungan Jadi Kunci Pembentukan Karakter Generasi Muda

3 Juni 2025   20:05 Diperbarui: 3 Juni 2025   20:05 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ubernur Lemhannas RI, TB Ace Hasan Syadzily, saat menghadiri peringatan Milad ke-47 Majelis Dakwah Islam (MDI) di Padepokan Persinas ASAD, Kompleks Ponpes Minhaajurrosyidin

Jakarta, (3/6). Pendidikan tidak boleh hanya fokus pada aspek fisik dan kedisiplinan, tetapi harus menyentuh secara seimbang aspek intelektual, emosional, dan spiritual. Hal ini disampaikan Gubernur Lemhannas RI, TB Ace Hasan Syadzily, saat menghadiri peringatan Milad ke-47 Majelis Dakwah Islam (MDI) di Padepokan Persinas ASAD, Kompleks Ponpes Minhaajurrosyidin, Selasa (27/5) lalu.

Menurutnya, karakter anak tidak dibentuk secara instan, apalagi dengan pendekatan keras atau militeristik semata. Sebaliknya, lingkungan menjadi kunci dalam membentuk perilaku dan karakter generasi muda.

"Kami meyakini, tidak ada anak yang nakal. Perilaku negatif anak biasanya lahir dari lingkungan, apakah itu keluarga, pendidikan, atau sosial. Maka, yang harus dibenahi adalah lingkungannya," tegas Ace Hasan.

Ia menambahkan, pendekatan pendidikan harus dilakukan secara komprehensif, holistik, dan terintegrasi, untuk menghasilkan manusia Indonesia yang utuh dan berkualitas.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Umum DPP LDII, KH Chriswanto Santoso, menyampaikan bahwa sistem pendidikan di Pondok Pesantren LDII justru menjauhi pendekatan militeristik. LDII fokus membangun disiplin melalui penanaman karakter luhur dan pembinaan lingkungan pendidikan yang sehat.

"Kami khawatir pendidikan yang terlalu militeristik justru melahirkan kekerasan. Membangun disiplin bisa dilakukan tanpa kekerasan. Kami memiliki 29 karakter luhur yang menjadi target dalam mendidik santri," jelas KH Chriswanto.

Ia juga menegaskan, LDII telah melakukan berbagai upaya konkret dalam mengembangkan pendidikan, seperti melalui Sekolah Pamong, pelatihan Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan(TPPK), serta pengembangan Sekolah Virtual Kebangsaan.

"Kami sudah empat kali menyelenggarakan Sekolah Pamong. Di sini, yang dididik bukan santrinya, tapi para pamong. Karena pamong yang baik akan menghasilkan anak didik yang baik," tambahnya.

KH Chriswanto menyebut, LDII siap bekerja sama lebih luas dengan Lemhannas dalam memperkuat nilai-nilai kebangsaan di lingkungan pesantren. Hal ini juga sejalan dengan program Lemhannas yang menekankan pentingnya pendidikan karakter dan wawasan kebangsaan sejak dini.

Dengan pendekatan yang menyeluruh terhadap pendidikan, LDII dan Lemhannas berharap dapat mencetak generasi muda yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara emosional dan kuat secara spiritual yakni menjadi sosok pemimpin masa depan yang berakhlak dan cinta tanah air.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun