Mohon tunggu...
Ahmad Sahidin
Ahmad Sahidin Mohon Tunggu... Freelancer - Alumni UIN SGD Bandung

Warga Kabupaten Bandung. Sehari-hari beraktivitas memenuhi kebutuhan harian keluarga. Bergerak dalam literasi online melalui book reading and review (YouTube Shalawat Channel). Mohon doa agar kami sehat lahir dan batin serta dimudahkan dalam urusan rezeki.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Ke Gramedia dan Istana BEC Bandung, Ketemu Haji Darmo: Ini Ceritanya

6 Juni 2022   10:56 Diperbarui: 6 Juni 2022   11:25 1253
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ahmads.doc

Hari Minggu yang lau, saya bersama istri sengaja main ke Gramedia, Jalan Merdeka Bandung. Saat akan masuk pintu depan toko, saya melihat Haji Darmo Xpress. Restoran mini bakso malang yang terkenal enak di Bandung. 

Saya lihat harga paket bakso sekira 17 ribu sampai 30 ribuan. Sedia aneka bakso dan minuman berupa kopi dan jus buah. Tadinya mau ngebakso dulu di resto tersebut. Tapi jam menunjukkan belum masuk makan siang (khawatir lapar lagi) sehingga bergerak keliling area buku.

Setelah dari area buku, saya bersama istri begerak di Istana BEC, Jalan Purnawarman Bandung (belakang Gramedia). Istri saya mengingatkan untuk makan siang di Haji Darmo. 

Saya ingat di FB dan IG, Haji Darmo pun ada di Istana BEC. Langsung saja naik ke lantai 3 UG. Ternyata letak restorannya mudah diketahui. Lihat papan informasi ada bakso paket laper dengan harga 18 ribu, sate maranggi plus nasi harga 35 ribu, sate kambing plus nasi harga 28 ribu, sate ayam plus nasi 25 ribu, dan sajian Sunda mulai dari 15 ribu rupiah.  

Saya memesan sate maranggi. Sedangkan istri memesan bakso malang paket laper. Saya menikmati satenya yang enak, manis, dan bumbunya meresap. Potongan cabai dan tomatnya terasa segar Ketika dikunyah. Saya lahap satenya sampai habis. Tentu saja istri saya pun saya beri beberapa tusuk sate. Saya tanya, apakah enak? Istri saya mengiyakan.

Memang sate di Haji Darmo itu khas rasanya enak dan cukup untuk porsi satu orang. Hanya untuk bakso malang, kata istri, "tidak seenak saat ngebakso di Haji Darmo cabang Cangkuang Banjaran." Saya tersenyum karena ternyata bakso yang disantapnya habis.

Memang khas bakso malang Haji Darmo. Baksonya tidak terasa borak. Lembut terasa saat dikunyah. Yang digoreng dan kukusannya juga enak. Kuahnya istimewa. Coba saja saat beli bakso Haji Darmo, kuahnya jangan dicampur dengan saus atau kecap juga sambal. Coba seruput dulu kuahnya. Terasa enak kaldunya dan racikan bumbunya menyatu. Coba saja kalau tak percaya!

Alhamdulillah, saya sudah beberapa kali menikmati enaknya bakso Haji Darmo. Bagi wargi kota Bandung dan sekitarnya, perlu dicoba kuliner di restoran Haji Darmo. Sampai jumpa lagi dengan ulasan kuliner lainnya.*** (ahmad sahidin)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun