Mohon tunggu...
Ahmad Sahidin
Ahmad Sahidin Mohon Tunggu... Freelancer - Alumni UIN SGD Bandung

Warga Kabupaten Bandung. Sehari-hari beraktivitas memenuhi kebutuhan harian keluarga. Bergerak dalam literasi online melalui book reading and review (YouTube Shalawat Channel). Mohon doa agar kami sehat lahir dan batin serta dimudahkan dalam urusan rezeki.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Resensi "Aku Ingin Membunuh Harry Potter"

29 Desember 2018   10:43 Diperbarui: 29 Desember 2018   10:44 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Tahun 2007, buku "Aku Ingin Membunuh Harry Potter" naik cetak tiga kali dalam waktu kurang dari satu bulan. Buku ini ditulis oleh Hernowo Hasim, yang kini sudah almarhum.

Saya membaca bukunya pada akhir Desember 2018. Maklum saya termasuk yang telat dalam akses buku populer atau yang  bertemakan literasi.

Bukunya saya beli saat ada pameran dengan harga murah. Saya penasaran dengan judul buku tersebut, terutama pada anak judul "Bagaimana Menumbuhkan Sayap Cinta dan Sayap Imajinasi". Saya lihat lembar demi lembar, ternyata isinya upaya Hernowo "mengikat makna" dari hasil membaca novel Harry Potter dari kesatu sampai ketujuh. Diulas sedemikian rupa. Dibuka bagian penting dari karya Rowling tersebut.

Novel yang tujuh buku itu, diuraikan dan ditarik satu perspektif bahwa pesan novel tersebut tentang upaya melawan kematian yang diperankan oleh Voldemort sebagai simbol dunia hitam (kejahatan) dan Harry Potter yang memerankan  peran kekuatan cinta, kebijakan, dan kebenaran.

Meski novelnya bernuansa sihir (magic), tetapi tidak bersifat horor.

Saya sendiri tidak baca utuh novel Harry Potter, tetapi menonton filmnya sampai yang terakhir. Seru dan asyik karena dengan film tersebut dikenalkan suasana klasik di Eropa. Novelnya sendiri tebal-tebal, sehingga perlu banyak waktu membacanya. Istri saya yang doyan membaca novel Harry Potter dan saya cukup dengar paparannya saja.

Pak Hernowo dalam bukunya mengulas aspek literasi dari novel Harry Potter. Bahwa JK Rowling berhasil mengembangkan imajinasi dan kreativitas pikirannya yang kemudian menjadi satu di antara orang terkaya di dunia.

Novel Harry Potter sudah banyak diterjemahkan dan terjual dengan jutaan kopi buku. Ditambah dengan dibuatkan filmnya, sehingga menjadi makin terkenal dan kaya raya.

Di antara pujian Hernowo kepada Rowling (selain kemampuan imajinasi yang luar biasa) adalah cakap dalam memilih diksi dan nama-nama untuk tokoh dalam novelnya, dengan menciptakannya sendiri dan mudah diucapkan. Kemudian alur ceritanya tidak biasa, sehingga sulit ditebak dan para pembaca dibuat penasaran serta mau menunggu kelanjutannya.

Buku karya Pak Hernowo ini tebalnya 309 halaman. Desain isinya menarik dan tidak membosankan. Sehingga  mata saat baca teks tidak cepat lelah. Dan buku ini menurut saya bukti dari "mengikat makna" dari tujuh novel yang tebal-tebal, yang kemudian diulas (diambil hal penting dan sesuai dengan alur novel dari satu sampai tujuh).

Orang yang agak malas membaca tujuh novel Harry Potter, jika membaca buku "Aku Ingin Membunuh Harry Potter: Bagaimana Menumbuhkan Sayap Cinta dan Sayap Imajinasi" ini maka akan segera mengetahui secara garis besar alur cerita dari novel Harry Potter. Juga akan mengetahui kecanggihan atau kepiawaian dari Rowling dalam menulis novel.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun